Demo Warga Talaud

UPDATE: Pelantikan Elly Lasut Tertunda Selama 4 Bulan, Massa Ancam Kembali Demo

Demo warga Kepulauan Talaud pada Jumat (22/11/2019) sejak pukul 10.30 Wita di Kantor Gubernur Sulawesi Utara berlangsung damai dan tertib.

UPDATE: Pelantikan Elly Lasut Tertunda Selama 4 Bulan, Massa Ancam Kembali Demo
TRIBUN MANADO/ISVARA SAFITRI
Warga Talaud menggelar demo di Pemprov Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Demo warga Kepulauan Talaud pada Jumat (22/11/2019) sejak pukul 10.30 Wita di Kantor Gubernur Sulawesi Utara berlangsung damai dan tertib.

Warga melakukan dialog dengan pemerintah provinsi melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Meki M Onibala  serta Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong.

Warga Kepulauan Talaud dipimpin Sueleng Adam selaku Koordinator Lapangan menuntut Gubernur Sulawesi Utara segera melantik Bupati Kepulauan Talaud terpilih, Elly Engelbert Lasut.

Pelantikan Elly sudah ditunda selama empat bulan yang seharusnya dilaksanakan pada Juli 2019.

Untuk mengisi kekosongan pemerintahan dilaksanakan oleh pelaksana harian (plh), Adolf Binilang selaku Sekda Definitif Talaud.

Menurut keterangan Meki pelantikan ini masih harus menunggu surat perintah dari Mahkamah Agung dan menunggu instruksi Mendagri.

"Kita harus mematuhi proses hukum yang ada. Kalau sudah ada surat perintah dari MA tentu gubernur akan taat hukum," jelasnya usai demo.

Ia menambahkan gubernur tidak bisa sembarangan melantik karena ada indikasi Elly sudah menjabat dua periode.

"Itu masih harus diperiksa lagi di MA dan prosesnya panjang dan memakan waktu. Kan menurut peraturan pemerintah tidak boleh kalau sudah dua periode," jelasnya.

Meskipun begitu, warga tetap menuntut pelantikan Elly karena selama plh yang menjalankan tugas sudah banyak terjadi konflik horizontal disebabkan tidak adanya kepastian hukum.

Halaman
12
Penulis: Isvara Savitri
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved