Lifestyle

Kenapa Ada Lagu yang Selalu Terngiang di Kepala? Ini Penjelasan Ahli

Lagu cenderung menempel atau terngiang di kepala ketika kita baru-baru ini mendengarkannya berulang kali

Kenapa Ada Lagu yang Selalu Terngiang di Kepala? Ini Penjelasan Ahli
THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Semua orang pasti pernah mengalami sebuah lagu terus terngiang di kepala.

Di dunia barat, fenomena ini disebut earworm.

Namun, bagaimana earworm bisa terjadi dan membuat suatu lagu nyangkut di kepala kita?

Dalam rangka peluncuran dua playlist baru di Spotify yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna, yaitu On Repeat dan Repeat Rewind; Elizabeth Hellmuth Margulis selaku Direktur Music Cognition Lab di Princeton University menjelaskan lebih dalam mengenai fenomena ini kepada Kompas.com.

Lewat email yang diterima Kamis (21/11/2019), Margulis mengatakan, lagu cenderung menempel atau terngiang di kepala ketika kita baru-baru ini mendengarkannya berulang kali.

Layanan music-streaming seperti Spotify mungkin membantu memfasilitasi pengalaman semacam ini dan menjadikan fenomena earworm lebih umum untuk dijumpai.

Dalam wawancara bersama Science Friday pada 2014, Margulis menjelaskan bahwa ketika kita mendengar suatu bunyi yang diulang-ulang, kita mulai mendengar lebih awal dari lagu yang sedang diputar dan mengantisipasi bunti apa yang akan terjadi berikutnya.

"Jadi kita hampir menyanyikannya di kepala sambil mendengarkan musik secara pasif. Jadi itulah yang disebut earworm, lagu yang membuatmu menyanyi di dalam pikiran," imbuhnya lagi.

Inilah mengapa, earworm biasanya juga tidak satu lagu utuh, tetapi hanya sepotong segmen kurang dari 10 detik yang terus berulang-ulang di kepala.

Kepada Kompas.com, Margulis juga menambahkan, ada juga beberapa bukti bahwa lagu semakin terngiang di kepala ketika lagu tersebut menggabungkan tingkat keakraban dengan tingkat inovasi, dan ketika kita bergerak sambil mendengarkan lagu itu.

Halaman
12
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved