Demonstran Desak Elly Segera Dilantik: Begini Kata Gubernur Olly

Kantor Gubernur Sulawesi Utara digoyang demonstrasi, Jumat (22/11/2019). Massa pendukung memberikan deadline

Demonstran Desak Elly Segera Dilantik: Begini Kata Gubernur Olly
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
UPDATE : Pendemo Beri Deadline Pelantikan E2l-Mocthar Paling Lambat Pekan Depan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Kantor Gubernur Sulawesi Utara digoyang demonstrasi, Jumat (22/11/2019). Massa pendukung memberikan deadline (batas waktu) kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey segera melantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud terpilih Elly Lasut dan Mochtar Parapaga pada Senin pekan depan.

DPR Kritik Kejaksaan Larang LGBT Lamar CPNS

Gubernur Olly menegaskan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud Terpilih sedang menanti proses di Mahkamah Agung (MA). "Prosesnya kan sudah sampai di MA, kalau MA putuskan dilantik, ya saya lantik, kalau tidak, ya lain lagi," kata dia. Adapun, Gubernur mengajukan, surat agar MA mengeluarkan fatwa hukum terkait periodisasi Elly Lasut sebagai bupati.

Ada pertentangan pendapat Elly sebenarnya sudah menjabat satu periode atau dua periode. Gubernur Olly juga menegaskan di saat ini Pelaksana Harian (Plh) Bupati dijabat Sekda Adolf Binilang. "Tidak ada Plt (Pelaksana Tugas), siapa bilang ada Plt yang bilang itu bingo-bingo (bingung) yaki," ujarnya.

Adapun, isu pengangkatan Plt bupati itu mencuat karena ada kesalahan redaksional surat ditujukan BKD Sulut ke Pemkab Talaud. Tertera surat itu ditujukan ke Plt Bupati Talaud. Padahal harusnya tertera Plh. Isu Plt itu pun jadi satu di antara bahan protes pendemo.

Aksi damai berlangsung Jumat pukul 10.30 Wita di Kantor Gubernur Sulut. Warga melakukan dialog dengan Gubernur Olly melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Meki M Onibala serta Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong.

UPDATE : Pol PP Cantik Adang Pedemo di Kantor Gubernur, Berdiri di Barisan Depan
UPDATE : Pol PP Cantik Adang Pedemo di Kantor Gubernur, Berdiri di Barisan Depan (TRIBUN MANADO/RYO NOOR)

Koordinator Lapangan Sueleng Adam menuntut Gubernur Olly segera melantik Elly menjadi Bupati Talaud. Pelantikan Elly sudah ditunda selama 4 bulan yang seharusnya dilaksanakan pada Juli 2019. Untuk mengisi kekosongan pemerintahan dilaksanakan pelaksana harian (plh), Adolf Binilang selaku Sekda Talaud definitif.

Menurut Meki, pelantikan masih harus menunggu surat perintah dari Mahkamah Agung dan menunggu instruksi Menteri Dalam Negeri. "Kita harus mematuhi proses hukum yang ada. Kalau sudah ada surat perintah dari MA tentu Gubernur akan taat hukum," katanya usai demo.

Ia menambahkan, Gubernur tidak bisa sembarangan melantik karena ada indikasi Elly sudah menjabat dua periode. "Itu masih harus diperiksa lagi di MA dan prosesnya panjang dan memakan waktu. Kan menurut peraturan pemerintah tidak boleh kalau sudah dua periode," jelasnya.

Meskipun begitu, warga tetap menuntut pelantikan Elly karena selama plh yang menjalankan tugas sudah banyak terjadi konflik horizontal disebabkan tidak adanya kepastian hukum. Aksi berlangsung cukup singkat. Warga membubarkan diri dengan tertib pukul 11.30 Wita setelah Jemmy menjanjikan warga untuk melantik Elly hari Senin (25/11/2019).

Jika Senin, Olly belum melantik Elly, warga akan kembali melakukan aksi di Kantor Gubernur Sulut pada Rabu (27/11/2019).

3 WNI Disandera Kelompok Abu Sayyaf, Sudah Hampir 3 Bulan Disekap, Minta Tebusan Rp 8 Miliar

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved