News

Basarnas Gelar Latihan SAR Gabungan Kecelakaan Kapal Ikan

Ini adalah skenario latihan SAR gabungan dalam penanganan kapal bocor dan mati mesin, berlangsung di Satrol Lantamal VIII Bitung.

Basarnas Gelar Latihan SAR Gabungan Kecelakaan Kapal Ikan
christian wayongkere/tirbun manado
Suasana latihan SAR Gabungan yang digelar Basarnas Manado di Kota Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satu unit kapal ikan dengan nama KM Tarsius tengah berlayar melintas perairan Selat Lembeh Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (21/11/2019).

Kapal berwarna putih biru di awaki seorang nahkoda dan lima anak buah kapal (ABK), akan pergi melaut mencari ikan jenis Cakalang di seputaran perairan Laut Maluku.

Tiba-tiba saat berada tepat di depan Dermaga Satrol Lantamal VIII di Bitung, kapal mengalami bocor dan mati mesin lalu mengeluarkan asap.

Kepulan asap terus membumbung tinggi keatas.

Peristiwa ini kemudian diinformasikan ke Basarnas Manado dan langsung diterima oleh Gede Darmada selaku kepala Kantor Basarnas.

Dari markas Basarnas di Desa Kaasar Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sulut, Gede langsung mengeluarkan perintah pencarian.

Dengan sigap dan cepat personil korps baju orange itu langsung bergerak cepat mencari dan menolong keberadaan enam crew kapal, yang mengalami bocor dan mati mesin.

Basarnas sebagai leader memimpin jalannya pencarian, yang melibatkan instansi terkait TNI, Polri, KPLP, BPBD, KSOP, BMKG dan Dinas Kesehatan yang ada di Kota Bitung untuk melakukan pencarian bersama tim SAR Gabungan.

Ini adalah skenario latihan SAR gabungan dalam penanganan kapal bocor dan mati mesin, berlangsung di Satrol Lantamal VIII Bitung.

Merupakan kegiatan lanjutan dari latihan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pelayaran, yang di buka Ir Maurits Mantiri Wakil Wali kota Bitung di ruang sidang lantai IV Kantor Wali kota Bitung, Selasa (20/11).

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved