Berita Internasional

Dokumen Terkait Pidato Presiden soal Penanganan Minoritas Muslim Bocor, Ini Tanggapan China

China menanggapi soal dokumen yang bocor memperlihatkan bagaimana penanganan mereka terhadap minoritas Muslim di Xinjiang

Dokumen Terkait Pidato Presiden soal Penanganan Minoritas Muslim Bocor, Ini Tanggapan China
Aljazeera.com
Muslim Uighurs 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dokumen 403 halaman dibocorkan sumber internal di China mengenai penanganan terhadap minoritas muslim di Xinjiang.

The New York Times memberitakan dalam dokumen itu menunjukkan pidato Presiden Xi Jinping.

Supaya jajarannya ‘bertindak tanpa ampun’ melawan separatisme dan ekstremisme di negara tirai bambu tersebut.

China menanggapi soal dokumen yang bocor memperlihatkan bagaimana penanganan mereka terhadap minoritas Muslim di Xinjiang.

Dokumen yang dibocorkan sumber internal China, selain memaparkan pidato lain Xi, juga menunjukkan arahan dan pengawasan terhadap minoritas Uighur.

Mutiara Palsu dari China Beredar di Indonesia, Awas Tertipu Dengan Tampaknya

Dalam tanggapannya dilansir AFP Senin (18/11/2019), juru bicara kementerian luar negeri Geng Shuang menuduh The Times menutup mata terhadap fakta yang ada.

Geng mengatakan, media asal AS itu sudah mempublikasikan fitnah melalui dokumen atas upaya deradikalisasi dan kontra-terorisme yang dilakukan Beijing di Xinjiang.

"China tidak akan lembek dalam usahanya memerangi teroris dan kekerasan," tegas Geng kepada awak media dalam konferensi pers harian.

Erick Thohir Akan Hadirkan Jabatan Irjen di Kementerian BUMN

Baik aktivis HAM maupun pakar yakin, ada satu juta etnis Uighur dan minoritas Muslim lain yang dibawa ke kamp pengasingan di kawasan paling barat.

Setelah sebelumnya membantah, China kemudian menyatakan tempat itu adalah sekolah vokasi untuk menekan ekstremisme melalui latihan kerja dan pendidikan.

Halaman
12
Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved