Siap-siap, Industri Penerbangan Dunia Butuh Ratusan Ribu Tenaga Kerja

Selain penerbang atau pilot pesawat komersial, industri penerbangan juga membutuhkan 750 ribu orang teknisi dan hampir 900 ribu awak kabin pesawat

Siap-siap, Industri Penerbangan Dunia Butuh Ratusan Ribu Tenaga Kerja
vietjetair
Maret 2019, VietJet Air Buka Rute Penerbangan ke Indonesia, Jakarta dan Bali Jadi Tujuan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Industri penerbangan akan menjadi lapangan pekerjaan menarik dalam waktu 20 tahun mendatang.

Khusus pilot saja, industri penerbangan di seluruh dunia membutuhkan 790 ribu pilot baru.

Mengutip warta Voice of America, Minggu (17/11/2019), menurut studi sebuah perusahaan pembuat pesawat terang, Boeing, di tahun 2018, di Amerika Utara saja, yaitu di Amerika Serikat dan Kanada, dibutuhkan 206 ribu pilot baru.

Selain penerbang atau pilot pesawat komersial, industri penerbangan juga membutuhkan 750 ribu orang teknisi dan hampir 900 ribu awak kabin pesawat, kata Boeing.

Untuk menarik siswa-siswa baru guna mengisi lowongan dalam bidang penerbangan itu, banyak perusahaan penerbangan mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi yang memberikan pendidikan pilot.

Menurut Ketua Jurusan Penerbangan yang  sekaligus profesor pada Universitas North Dakota, Jim Higgins, banyak perusahaan penerbangan menawarkan beasiswa bagi para peminat sebagai dorongan supaya mereka lebih antusias menekuni bidang itu.

Batik Air Hadirkan Penerbangan Umroh dengan Standar Layanan Premium dari 8 Kota di Indonesia

Hasilnya sangat bagus, karena banyak siswa yang memanfaatkan tawaran seperti itu.

Federal Aviation Administration (FAA) mensyaratkan seorang pilot harus punya 1.500 jam terbang supaya bisa mendapat sertifikat untuk menerbangkan pesawat komersial.

Tapi seorang lulusan lembaga pendidikan yang diakui oleh FAA hanya membutuhkan seribu jam terbang jika pilot tersebut juga memiliki gelar bachelor atau sarjana muda dalam bidang aviasi.

KAGAMA Manado Cari Solusi Bareng Menhub Terkait Hilangnya Penerbangan ke Talaud dan Sangihe

Sementara Profesor dan Ketua Bidang Sains Aeronautika di Embry-Riddle Aeronautical University, Mike Wiggins, calon penerbang yang berminat meniti karier dalam bidang itu sebaiknya mulai belajar terbang pada tingkat sekolah menengah.

Halaman
123
Editor: maximus conterius
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved