Info Kesehatan

4 Kategori Orang Indonesia Rentan Terkena Diabetes, Manado Potensi Tinggi, Ini Cara Mudah Mencegah

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang mencukupi

4 Kategori Orang Indonesia Rentan Terkena Diabetes, Manado Potensi Tinggi, Ini Cara Mudah Mencegah
SHUTTERSTOCK
diabetes ilustrasi 01 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Diabetes adalah penyakit kronis ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.

Data WHO menyebut diabetes telah meningkatkan risiko kematian dini pada seseorang. Diabetes salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang mencukupi, atau tubuh tidak dapat menggunakan jumlah insulin yang ada secara efektif.

Insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh. Akibatnya, gula darah berlebihan dan timbul penyakit yang disebut diabetes.

Diabetes bisa mendatangkan komplikasi kerusakan organ-organ dalam tubuh kita, seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung.

Agar kita terhindar dari penyakit ini, cara terbaik adalah dengan mengubah gaya hidup.

Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup dapat membantu kita terhindar dari hal tersebut.

Dulu diabetes atau disebut "sakit gula"hanya ditemukan pada segelintir orang, kini penyakit tersebut menjadi salah satu yang banyak diderita masyarakat urban.

Data dari riset berjudul Diabetes In Asia: Empowering Communities To Lead Healthier Live, menunjukkan sekitar 6,7% atau setara dengan 10,3 juta masyarakat Indonesia menderita diabetes dengan rentang usia 20 - 79 tahun.

Dari penelitian yang sama juga didapati bahwa 24,4% penduduk Indonesia mengalami kelebihan berat badan, 5,7% tergolong obesitas, dan 22,8% berisiko terkena diabetes karena kurangnya aktivitas fisik.

Halaman
1234
Editor: Aldi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved