News

Sejarah Tidak Dilupakan, Tetapi Tetap Dikembangkan

Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian pendidikan dan kebudayaan mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi konsultan sejarah

Sejarah Tidak Dilupakan, Tetapi Tetap Dikembangkan
fistel mukuan/tribun manado
Sejarah Tidak Dilupakan, Tetapi Tetap Dikembangkan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian pendidikan dan kebudayaan mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi konsultan sejarah, Kamis (14/11/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan di Best Western The Lagoon hotel, Jalan Wolter Monginsidi No.1, Bahu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Peserta yang diundang dari dosen sejarah Unsrat, Unima dan IAIN, dan guru-guru SMA sejarah.

Acara mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 Wita.

Alex John Ulaen selaku pensiunan dosen Unsrat, dan salah satu Asesor kompetensi bidang sejarah di bawah dirjen kebudayaan.

"Saya harapkan yang hadir ini, punya produksi baik itu berupa tulisan tentang sejarah di daerah Sulawesi Utara. Atau apa saja sehubungan dengan bidang ilmu yang mereka tekuni, entah itu sekedar memberikan saran memberi nasehat kalau ada pementasan seperti musikalisasi puisi sejarah," katanya.

Puisinya itu berisi kisah sejarah, diharapkan orang-orang yang tampil yang diundang ini dapat melihat benarkah walaupun ini puisi karya sastra tapi benar informasi sejarah atau tidak.

Latar belakang kegiatan ini untuk memenuhi tuntutan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang sejarah secara khusus maupun secara umum bidang kebudayaan.

"Supaya ada kesamaan persepsi pertama kesamaan persepsi tentang penulisan sejarah, kedua pengajaran secara ketiga bagian sejarah ini jadi tidak asal kemauan seseorang aja tapi semua punya punya pakem punya aturan yang yang jelas dalam menghasilkan produksi sejarah," tambahnya.

Materi pertama tentang isi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), kemudian bicara soal fungsi konsultan sejarah profesi yang baru diakui di internasional.

Halaman
12
Penulis: Fistel Mukuan
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved