News

Wiyah Nampak Senang Buat Bunga Daei Sampah Palastik dengan Temannya

Jarum jam sudah menujukkan pukul 13.00 wita, Selasa (12/11/2019), saat matahari sementara terik bersinar, kebetulan cuaca cerah.

Wiyah Nampak Senang Buat Bunga Daei Sampah Palastik dengan Temannya
alpen martinus/tribun manado
Wiyah Nampak Senang Buat Bunga Daei Sampah Palastik dengan Temannya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jarum jam sudah menujukkan pukul 13.00 wita, Selasa (12/11/2019), saat matahari sementara terik bersinar, kebetulan cuaca cerah.

Namun Wiyah Datunsolang (9) siswi kelas 4 SD Negeri 3 Pobundayan masih asik bermain bersama teman-temannya. Sangat nyaman, lantaran sinar matahari terhalang oleh rindangnya pohon di halaman sekolah mereka, untuk tembus menyentuh kulit mereka.

Ya, puluhan anak sementara duduk santai di bawah pohon, dan tangan mereka sementara sibuk mengerjakan sesuatu. Ternyata kerajinan tangan yang sementara dibuat.

"Ini bikin bunga dari sampah plastik," kata Wiyah malu-malu.

Sementara temannya yang lain ada yang membuat gaun dari karung, dan koran bekas.

"Ini ibu guru yang ajarkan, di rumah juga saya bikin, supaya kami bisa manfaatkan sampah plastik," katanya.

Banyak kerajinan yang mereka buat dari bahan sampah, di antaranya gaun dari koran bekas dan plastik, topi dari koran bekas, bunga dari kertas bekas, bingkai foto dari kardus, lukisan 3D dari barang bekas.

Bunga dari plastik, hiasan taman dari plastik bekas, pot bunga dari ricecooker dan dispenser bekas, pagar dari ban bekas, dan masih banyak lagi.

Yudi Amiruddin Kepsek, menyebutkan melalui kurikulum 2019, mereka mengubah karakter anak melalui prakarya yang bahannya dari sampah, yang dipilah antara jenis organik dan anorganik.

"Nah yang anorganik ini kita olah menjadi barang berguna seperti anyaman, bunga plastik dan lainnya yang dijarkan oleh guru, sementara yang organik dibuat pupuk kompos," katanya.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved