Sepuluh Multifinance Kekuangan Modal Lunasi Utang

Sejumlah perusahaan multifinance bersiap untuk membayar obligasi yang jatuh tempo sebelum tutup tahun 2019.

Sepuluh Multifinance Kekuangan Modal Lunasi Utang
Kolase Tribun Manado/Internet/Capture Facebook
Ilustrasi OJK dan Capture Facebook Program Berbagi Berkah 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah perusahaan multifinance bersiap untuk membayar obligasi yang jatuh tempo sebelum tutup tahun 2019. Mereka telah menyediakan sumber dana untuk melunasi surat utang tersebut.

Pasangan Ini Pecahkan Guinness World Records Pasutri Tertua

Ada sebanyak tiga perusahaan multifinance yang mempunyai tanggung jawab untuk membayar obligasi jatuh tempo di akhir tahun ini. Mereka adalah PT Adira Dinamika Multifinance Tbk (Adira Finance), PT BFI Finance Tbk dan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance (lihat tabel).

Adira Finance memiliki Obligasi Berkelanjutan II Adira Finance Tahap IV Tahun 2014 Seri C yang jatuh tempo pada 12 November 2019. Nilai dana yang dihimpun dari surat utang ini adalah Rp 88 miliar.

Adira Finance telah mencadangkan dana khusus untuk membayar obligasi tersebut. Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan, telah mencadangkan dana khusus dari penerimaan angsuran setiap bulan, salah satunya untuk membayar obligasi. Adapun nilai dana yang dicadangkan oleh perusahaan melebihi Rp 2,5 triliun.

“Sisa obligasi yang jatuh tempo tahun ini hanya pada 12 November 2019. Yang saat ini nilainya tinggal Rp 88 miliar,” kata Hafid kepada KONTAN, Kamis (7/11).

Pada Oktober lalu Adira Finance baru saja meluncurkan obligasi baru senilai Rp 1,19 triliun. Dananya digunakan sebagai sumber pembiayaan.

Dengan dana segar tersebut,  Adira semakin mantap menggenjot pembiayaan di akhir tahun ini dan tahun depan. Adira Finance menargetkan pertumbuhan di semua portofolio bisnis pembiayaan hampir merata yaitu sebesar 5% hingga 10% secara year on year (yoy).

Sedangkan nilai obligasi jatuh tempo PT Wahana Ottomotra Multiartha (WOM Finance) sebesar Rp 411,5 miliar. Surat utang ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan III WOM Finance Tahap I Tahun 2018 Seri A dengan waktu jatuh tempo pada 30 Desember 2019.

Bursa Calon Ketua Umum Golkar Ramai: Dari Bamsoet hingga Airlangga

Direktur Keuangan WOM Finance, Zacharia Susantadiredja mengatakan,  telah menyediakan dana untuk melunasi surat utang dari kocek internal. “Kami akan mengatur dan melakukan perencanaan secara matang atas pengelolaan arus keuangan perusahaan,” kata Zacharia.

Adapula Obligasi Berkelanjutan III BFI Finance Indonesia Tahap III Tahun 2017 Seri B milik BFI Finance. PerusahaaN ini menghimpun dana dari obligasi tersebut sebesar Rp 100 miliar. Waktu jatuh tempo surat utang tersebut pada 9 November 2019. Perusahaan ini juga baru melunasi utang obligasi Rp 550 miliar pada 25 Oktober 2019.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved