Berita Bolmong

Bakal Terapkan Keterbukaan Informasi, PPID Desa Siap Dibentuk

Menyikapi pentingnya keterbukaan informasi hingga ke tingkat desa serta kebutuhan akan informasi publik semakin meningkat.

Bakal Terapkan Keterbukaan Informasi, PPID Desa Siap Dibentuk
ISTIMEWA
Bakal Terapkan Keterbukaan Informasi, PPID Desa Siap Dibentuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Menyikapi pentingnya keterbukaan informasi hingga ke tingkat desa serta kebutuhan akan informasi publik semakin meningkat.

Maka perlu terus dikembangkan dari tingkat Kecamatan hingga Desa, agar masyarakat memperoleh informasi yang tepat.

Kepala Dinas Kominfo Bolmong melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Komunikasi dan Publik Harry Moka mengatakan Dinas Kominfo di Tahun 2019 akan fokus membentuk PPID sampai pada tingkat paling bawah yaitu desa.

Terlebih lanjut Harry saat ini desa mengelola dana yang cukup besar, maka masyarakat ingin mengetahui pengelolaannya.

Keingintahuan masyarakat tersebut harus melembaga, jangan sampai tidak ada saluran, dengan adanya PPID inilah merupakan saluran yang tepat.

“Sehingga kalau mereka ingin tahu, harus bertanya ke PPID, nanti akan diproses melalui mekanisme yang ada kemudian informasi akan diberikan, tetapi jika tidak ada PPID masyarakat akan bertanya kepada pihak yang tidak tepat dan dapat terjadi kesalahpahaman antara Perangkat Desa dengan warga,” jelas Harry

Dikatakan Harry, dengan adanya PPID Desa nantinya ada kesamaan persepsi dan langkah terkait pemberian informasi kepada masyarakat supaya informasi yang didapat betul-betul valid dan tidak menjadi informasi yang termasuk berita bohong (hoaks).

“Peran dari masyarakat tentang kemudahan untuk memperoleh informasi sebenarnya sudah menunjukkan pro-aktif, hanya saja terkadang selama ini mereka ingin mendapat informasi tanpa melewati prosedur yang ditentukan,” terangnya.

Sementara Kepala Seksi Kehumasan dan Layanan Informasi Publik Imran Paputungan menambahkan, PPID Utama akan mengundang para seluruh Sekretaris Desa dalam upaya menggerakkan kembali peran PPID di tingkat desa sekaligus sosialisasi.

“Hal tersebut didasari karena selama ini Pemerintah Desa belum memiliki kelembagaan PPID yang dijabat oleh Sekretaris Desa sebagai pengelola data informasi dan dokumentasi di desa,” ucap Imran.

(Tribunmanado.co.id/Arthur Rompis/rilis)

BERITA TERPOPULER :

 Tangis Sang Anak, Tak Sanggup Lihat Jenazah Ayah dan Ibu di Ruang Jenazah RS Nooangan

 Nikita Mirzani Berpose Pakai Baju Renang, Tatapan Azka Pada Bagian Tubuh Ami-nya Malah Bikin Salfok

 Kubu Anies Tetap Tak Terima Aksi Bongkar Kejanggalan APBD DKI, Begini Pembelaan William

TONTON JUGA :

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved