Hari Pahlawan

TMP Mongkonai Ditaburi Bunga, Tanda Penghargaan Kepada Pahlawan

Ada warna merah muda nampak di atas puluhan makam pahlawan, kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Mongkonai, Kotamobagu, Minggu (10/11/2019).

TMP Mongkonai Ditaburi Bunga, Tanda Penghargaan Kepada Pahlawan
alpen martinus/tribun manado
TMP Mongkonai Ditaburi Bunga, Tanda Penghargaan Kepada Pahlawan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada warna merah muda nampak di atas puluhan makam pahlawan, kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Mongkonai, Kotamobagu, Minggu (10/11/2019).

Ternyata warna tersebut berasal dari bunga kertas yang masih segar, dan baru saja ditaburkan oleh peserta ziarah dalam rangka hari pahlawan 10 November 2019).

Tabur bunga dilakukan usai upacara penghormatan yang dipimpin oleh AKBP Gani Siahaan Kapolres Kotamobagu.

Bupati Bolsel Sebut Masyarakat Bisa Jadi Pahlawan Masa Kini Dengan Beri Kinerja Terbaik

Ada Wali Kota Hj Tatong Bara, Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, Sekkot Sande Dodo, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, serta jajaran kepala OPD, TNI, Polisi, dan Pramuka.

Hujan rintik-rintik pun sempat tercurah saat upacara ziarah tersebut, namun tak menghalangi jalannya upacara ziarah, semua masih khusuk.

Setelah itu, beberapa keranjang kecil yang berisi bunga dibawa, ada yang ke makam pahlawan Kristen, juga ada yang ke makam pahlawa Islam.

Semua makam ditaburi bunga, sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang gugur berjuang untuk Indonesia.

"Untuk pahlawan masa kini, kita memperingati bagaimana beratnya perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan dengan tetesan darah dan nyawanya, juga waktu," jelas Tatong Bara.

Nah semangat itulah yang harus direfleksikan dalam hidup kita masa kini.

"Inilah yang harus kita tumbuh kembangkan, semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang bisa berikan efek, baik terhadap negara, bangsa termasuk daerah kita," ujarnya.

Termasuk anak-anak kita yang hidup kekinian, ia mengajak, mari kita berjuang di jalur kita masing-masing, dengan totalitas yang penuh.

"Sehingga apa yang diharapkan oleh pendahulu kita, bisa diwujud nyatakan untuk kemerdekaan bangsa yang lebih nyata," kata dia.

Untuk masa kini yaitu meningkatkan daya saing daerah dan negara, baik itu SDM, inovasinya dan sebagainya, sampai komoditinya.

"Hari ini juga kita merefleksikan pahlawan, untuk bekerja memberikan pengabdian kita," jelasnya.(amg)

 Ternyata Bukan Anies, Surya Paloh Maju di Pilpres 2024, 4 Syarat NasDem di Pilkada 2020

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved