Ketua KPK Terpilih Jadi Komjen: Promosi Istimewa bagi Firli

Jenderal Pol Idham Aziz merotasi sejumlah jabatan sejumlah jenderal pada awal menjabat Kapolri. Satu di antaranya

Ketua KPK Terpilih Jadi Komjen: Promosi Istimewa bagi Firli
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Uji kelayakan dan kepatutan Capim KPK akan berlangsung selama dua hari yaitu pada 11-12 September 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Jenderal Pol Idham Aziz merotasi sejumlah jabatan sejumlah jenderal pada awal menjabat Kapolri. Satu di antaranya, Kapolda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Pol Firli Bahuri dipromosikan menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri jelang dirinya dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Surya Paloh Angkat Bendera Perang, Sebut NasDem tak Hanya Pikirkan Koalisi Jokowi

Dengan demikian, Firli akan menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, yakni komisaris jenderal (komjen) dengan simbol bintang tiga di bahu jika meninggalkan Polri dan dilantik menjadi Ketua KPK pada sekitar 21 Desember 2019. Hal itu menyesuaikan jabatan barunya sebagai Kabaharkam Polri.

Mutasi jabatan, termasuk promosi jabatan Firli Bahrui termaktub dalam dalam surat telegram Polri yang beredar di awak media pada Jumat (8/11). Surat itu bernomor ST/3020/XI/KEP./2019 itu diteken oleh Asisten Kapolri bidang SDM Polri, Irjen Eko Indra.

"Intinya, ini merupakan mutasi rutin untuk menggantikan personil antara lain karena ada yang pensiun, mendapat tugas di luar struktur sehingga harus diganti, termasuk juga para kapolres yang mendapat jabatan promosi sehingga diganti dengan personil lain," kata Indra Heri saat dikonfirmasi awak media.

Dalam surat tersebut, kursi Kapolda Sumsel yang ditinggalkan Firli Bahuri akan diisi oleh Kapolda Kalimantan Timur, Irjen Pol Priyo Widyanto. Selanjutnya, Koordinator Staf dan Ahli Kapolri, Irjen Pol Muktiono akan menduduki kursi Kapolda Kaltim.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal membenarkan Firli Bahuri mendapat promosi jabatan lantaran dinilai berprestasi dan mumpuni. Di antaranya sederet catatan prestasi sejak di Akademi Kepolisian (Akpol) hingga saat ini.

Pendaftaran Panwascam Segera Dibuka, Berikut Persyaratannya!

Dia pernah dipercaya sebagai Komandan Resimen Korp Taruna tingkat I, II, dan III Akpol. Selain itu, Firli semasa menjadi perwira menengah pernah dipercaya sebagai ajudan mantan Wakil Presiden (Wapres) Boediono. Terakhir, Firli juga dinilai berprestasi selama menjabat sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Sumsel.

Mantan penasehat Kapolri 2003-2017, Kastorius Sinaga menilai pengangkatan Firli sebagai Kabaharkam jelang dilantik menjadi Ketua KPK merupakan promosi istimewa. Sebab, otomatis Firli akan memperoleh kepangkatan komjen dengan simbol bintang 3.

"Jabatan Kabaharkam tersebut memang terkesan menjadi ‘promosi istimewa’ bagi Irjen Firli. Karena dengan demikian dia mendapatkan kenaikan bintang tiga di saat-saat akhir masa pengabdiannya di Kepolisian, sebelum pindah ke KPK bulan depan," ujarnya.

Meski begitu, promosi tersebut tidak bisa diidentikkan sebagai syarat Ketua KPK dari korps Polri harus menyandang pangkat komjen atau Bintang 3. Sebab, KPK sendiri merupakan lembaga independen dan bukanlah lembaga perpanjangan tangan dari Kepolisian kendati dipimpin oleh jenderal Polri.

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved