NEWS

Surya Paloh Pelukan Dengan Sohibul Iman, Sindiran Jokowi Punya Makna, Kata Pengamat Emrus Sihombing

Presiden Jokowi menyindir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Pengamat politik Emrus Sihombing menilai Presiden Joko Widodo berusaha sampaikan pesan

Surya Paloh Pelukan Dengan Sohibul Iman, Sindiran Jokowi Punya Makna, Kata Pengamat Emrus Sihombing
(Warta Kota/Henry Lopulalan)
Joko Widodo (kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ( kanan). Presiden Jokowi menyindir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Pengamat politik Emrus Sihombing menilai Presiden Joko Widodo berusaha sampaikan pesan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Jokowi menyindir Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Pengamat politik Emrus Sihombing, menilai Presiden Joko Widodo berusaha menyampaikan pesan ketika melakukan sindiran itu.

Jokowi melakukan sindiran itu terkait pelukan Surya Paloh dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman belum lama ini.

Emrus menilai sindiran Jokowi berusaha menyampaikan Paloh lebih dekat dengan Sohibul dibanding dengan Jokowi sendiri. Itu dari aspek sosiologis dan psikologis, 

"Dari sudut ucapan itu sama saja Pak Jokowi mengatakan sekarang Paloh lebih dekat, lebih hangat, dengan Sohibul dibanding dengan Jokowi selama ini," ujar Emrus, Kamis (7/11/2019).

Ia mengatakan dari aspek sosiologis, jarak antara orang yang satu dengan yang lain semakin dekat seperti berpelukan tentu berbeda dengan yang berjarak lima hingga sepuluh meter.

Menurutnya, relasi dan interaksi orang yang berpelukan tentu lebih dekat.

Sementara orang yang relasinya tak baik, maka saling sapa saja belum tentu mau. Begitu melihat satu sama lain, biasanya akan ada tindakan sosial supaya pada akhirnya mereka tidak bertemu.

"Nah kalau ini kan mereka (Paloh dan Sohibul) berangkulan, sangat erat sekali. Pelukan itu pun saya lihat dari berbagai media sangatlah luar biasa," kata dia.

"Dari psikologis, ada ikatan emosional lebih dekat antara Paloh dan Sohibul. Biasanya itu terjadi karena di antara mereka terjadi sesuatu yang sifatnya saling menguntungkan satu dengan yang lain," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menyindir Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang melakukan pertemuan dengan Presiden PKS Sohibul Iman di DPP PKS, beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved