DLH Ambil Langkah Tegas, Uji Zat Sianida Pada Akitvitas Tambang Ilegal

Masalah keresahan yang timbul di masyarakat. Berdasarkan keluhan masyarakat kepada salah satu Hukum Tua (Kumtua) Desa Soyowan.

DLH Ambil Langkah Tegas, Uji Zat Sianida Pada Akitvitas Tambang Ilegal
Gio/tribun manado
DLH Ambil Langkah Tegas, Uji Zat Sianida Pada Akitvitas Tambang Ilegal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Masalah keresahan yang timbul di masyarakat. Berdasarkan keluhan masyarakat kepada salah satu Hukum Tua (Kumtua) Desa Soyowan, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Mitra, Sulawesi Utara ditanggapi tegas oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mitra.

Tepatnya Kamis (7/11) saat dikonfirmasi ke dinas terkait oleh kepala dinas (Kadis) DLH Muchtar Wantasen.

Dirinya mengatakan, bakal segera melakukan uji lab masalah zat sianida yang dinilai bisa mempengaruhi kesehatan dan pencemaran lingkungan yang ada di wilayah pertambangan .

"Memang sempat ada konfirmasi terkait masalah tersebut. Untuk itu pihak kami bakal melakukan uji lab terkait zat sianida yang ada, sebagai pencemaran dan bisa berdampak negatif," tandas Muchtar.

Diketahui, selain itu juga. Pihaknya bakal melakukan tes kelayakan air sungai diseluruh wilayah Ratatotok, apabila sudah ada pencemaran di muara yang ada.

"Itu juga bakal kita uji dari segi kelayakan air sungai. Karena dinilai bisa berdampak pada pencemaran lingkungan sekitar muara. Kemudian masalah kelayakan kapasitas udara yang ada. Apakah banyak pencemaran atau seperti apa," jelas Wantasen.

Dirinya mengatakan, bakal menyeriusi hal ini. Karena bisa berdampak besar nantinya.

"Nanti bakal dipercepat masalah uji lab ini. Karena bila dibiarkan akan sangat mengganggu masyarakat yang ada. Dan apabila laporan dari pihak Kumtua terkait masalah zat sianida ini, dibuktikan berdampak negatif. Akan diberikan ke aparat desa untuk mengambil tindakan atas kewenangan wilayah yang ada," kunci Kadis DLH. (Ano)

 Ini Balasan Menohok Surya Paloh soal Sindiran Presiden Jokowi Karena Sikap Politik Nasdem Sekarang

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved