Berita Minahasa

Dandim Raharjo Bilang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sangat Penting

Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol Infantri Slamet Raharjo mengatakan bahwa Wawasan Kebangsaan dan bela Negara sangat penting diadakan.

Dandim Raharjo Bilang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sangat Penting
TRIBUN MANADO/ANDREAS RUAUW
Dandim Raharjo Bilang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Sangat Penting 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol Infantri Slamet Raharjo mengatakan bahwa Wawasan Kebangsaan dan bela Negara sangat penting diadakan.

Tujuannya mencegah degradasi moral dan sikap intoleran yang marak tumbuh di masyarakat, terutama generasi muda.

”Sebagai bagian dari warga NKRI, kita harus memiliki tekad, sikap, dan tindakan yang tepat sehingga dapat menghapus segala ancaman dari manapun dan kapanpun, baik dari dalam ataupun dari luar negeri.

Hal-hal kecil bisa kita lakukan, salah satunya seperti berdiskusi tentang wawasan kebangsaan dan bela negara,” ungkap Dandim saat dikonfirmasi, Kamis (07/11/2019).

Lanjutnya, Ancaman-ancaman tersebut tentu saja akan membahayakan Indonesia, termasuk kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa, serta nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

”Akhir-akhir ini banyak terjadi perpecahan di kalangan masyarakat, terutama intoleransi. Nah, melalui media sosial kita bisa mengenalkan dan menyebarluaskan kepada masyarakat hal-hal postif, dan memberi pemahaman tentang hal-hal negative yang ada, seperti berita-berita hoax yang tidak benar adanya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, salah satu yang paling penting saat berbicara tentang wawasan kebangsaan dan bela negara bukan hanya mengetahui teorinya saja, tapi juga memaknainya, mengaplikasikannya dalam tatanan kehidupan, baik keluarga, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hal-hal penting yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dan bela negara yaitu apa yang seharusnya dilakukan, apa yang dapat dilakukan, dan apa yang akan dilakukan.

”Salah satunya adalah memanfaatkan media sosial sebaik mungkin sehingga dapat mencegah hal-hal yang menimbulkan perpecahan,” pungkasnya.

Dandim berharap, hal ini dapat memberikan pemahaman lebih luas akan pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara kepada para pemuda yang dapat menjadi tameng kokoh dalam menghadapi pengaruh negatif dan segala ancaman yang dapat merusak keutuhan dan ketahanan Negara.

(Tribunmanado.co.id/Andreas Ruauw)

BERITA TERPOPULER :

 Ini Balasan Menohok Surya Paloh soal Sindiran Presiden Jokowi Karena Sikap Politik Nasdem Sekarang

 Dapat Kado Apartemen, Ashanty Sebut Anang Pintar: Kalau Tas Kan Cuma Dipakai Sendiri

 Jokowi Tanya ke Surya Paloh Makna Pelukan ke Presiden PKS, Presiden Ingatkan Begini ke Nasdem

TONTON JUGA :

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved