Pemkab Minahasa Peroleh Dana Penyelamatan Danau Tondano Sebesar Rp 20 Miliar

Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa sepakat membentuk gugus tugas untuk menyelamatkan Danau Tondano dari pendangkalan.

Pemkab Minahasa Peroleh Dana Penyelamatan Danau Tondano Sebesar Rp 20 Miliar
Istimewa
Pemkab Minahasa Peroleh Dana Penyelamatan Danau Tondano Sebesar Rp 20 Miliar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa sepakat membentuk gugus tugas untuk menyelamatkan Danau Tondano dari pendangkalan.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw mengatakan, Provinsi akan memberikan anggaran sekira 20 M untuk penyelamatan Danau Tondano tersebut pada tahun 2020 nanti.

"Selain pemerintah, masyarakat juga harus dilibatkan peran serta masyatakat tentang culture masyarakat tidak menambah kontribusi mereka terhadap pendangkalan, seperti membuang sampah sembarangan dan lain-lain.

Jadi intinya pemerintah OD-SK sangat komitmen dan konsisten untuk menyelamatkan danau Tondano itu," katanya.

Wagub Kandouw mengatakan pemerintah provinsi atas nama bapak Gubernur Sulut Olly Dondokambey sangat serius menangani masalah eceng gondok yang ada di danau Tondano tersebut.

"Pemerintah OD-SK sangat komitmen dalam penyelamatan danau Tondano tersebut. Hari ini saya dan kadis PU Steve Kepel sebenarnya akan melakukan on the spot di danau tapi mumpung hujan kita langsung melakukan pertemuan dengan pimpinan daerah kabupaten Minahasa tersebut.

Intinya dalam pertemuan itu kita ingin menyamakan presepsi supaya road map kita betul-betul selaras agar supaya output dan out come untuk penanganan ini betul-betul maksimal.

Mana yang menjadi kewajiban dan tanggungjawab pemprov, kabupaten serta pemerintah pusat harus di samakan presepsi dengan kata lain tidak bisa berjalan sendiri-sendiri harus integral," kata Wagub Kandouw.

Slanjutnya, Bupati Minahasa Royke Roring sangat mengapresiasi pemerintah OD-SK atas bantuan anggaran penanganan dan penyelamatan danau Tondano.

"Intinya sinergitas pemprov dan pemkab Minahasa terus terjalin dengan baik dalam upaya penanganan dan penyelamatan danau Tondano tersebut," tandas Bupati ROR saat dikinfirmasi, Selasa (5/11/2019).

 Ahok jadi Dewan Pengawas, Perppu KPK Batal Ditetapkan Jokowi, Pengamat: 5 Nyawa Hilang

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved