Dari Terapi Uap hingga Teh Hijau, Ini Lima Cara Menjaga Paru agar Sehat

Paru merupakan organ vital yang menentukan keberlangsungan hidup Anda. Penting bagi kita untuk menjaga kondisi paru agar tetap sehat.

Dari Terapi Uap hingga Teh Hijau, Ini Lima Cara Menjaga Paru agar Sehat
Shutterstock.com/Spectral-Design
Ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Paru merupakan alat vital yang menentukan kelangsungan hidup, namun kerap kali kita menghirup sesuatu yang bisa merusak organ itu. 

Bagi penduduk kota besar, setiap hari kita menghirup udara kotor. Polusi, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru Anda. 

Padahal, paru merupakan organ vital yang menentukan keberlangsungan hidup Anda. Penting bagi kita untuk menjaga kondisi paru agar tetap sehat.

Dilansir dari Medical News, berikut lima cara alami untuk membersihkan paru Anda.

Terapi uap

Udara dingin dan kering dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara, serta membatasi aliran darah.

Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan uap untuk menambah kehangatan dan kelembapan udara yang dapat meningkatkan pernapasan. Serta membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru.

Menghirup uap air juga dapat membantu Anda untuk bernapas lebih mudah.

Hal ini diketahui dari sebuah penelitian kecil yang melibatkan 16 laki-laki dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) - suatu kondisi paru yang membuat kesulitan dalam bernapas.

Ditemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan detak jantung serta tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada tidak menggunakan masker tanpa uap.

Terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, tetapi perlu dilakukan banyak penelitian sebelum memahami manfaat ini pada kesehatan paru.

Halaman
123
Editor: Edi Sukasah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved