Tak Perlu Khawatir Mom, Begini Cara Menyembuhkan Bintitan pada Anak

Saat bintitan terjadi, area mata mungkin dapat ikut terlihat merah dan mudah berair atau mengeluarkan air mata.

Tak Perlu Khawatir Mom, Begini Cara Menyembuhkan Bintitan pada Anak
NAKITA
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bintitan atau hordeolum adalah munculnya benjolan kemerahan mirip bisul atau jerawat pada tepi kelopak mata atas atau bawah.

Saat bintitan terjadi, area mata mungkin dapat ikut terlihat merah dan mudah berair atau mengeluarkan air mata.

Bintitan pada anak atau orang dewasa dapat terjadi saat kelenjar minyak yang terdapat pada area kelopak mata tersumbat oleh sel kulit mati, dan terinfeksi oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Kelenjar minyak yang tersumbat dan terinfeksi inilah yang menyebabkan munculnya bintil kecil menyerupai jerawat atau bisul pada area kelopak mata.

Bintitan pada anak sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Masalahnya, anak-anak seringkali risih lalu mengucek-ucek atau memencet bintil tersebut.

Bintitan pada anak atau orang dewasa dapat terjadi saat kelenjar minyak yang terdapat pada area kelopak mata tersumbat oleh sel kulit mati, dan terinfeksi oleh bakteri .engucek-ucek atau memencet bintil tersebut.

Padahal, bila hal ini dilakukan hanya akan menimbulkan rasa sakit dan dapat memicu terjadinya infeksi.

Untuk mempercepat penyembuhan, orangtua bisa melakukan cara-cara berikut;
- Kompres hangat pada area mata anak yang mengalami bintitan dengan lap atau waslap, selama 10-15 menit.

- Ulangi sebanyak 3-4 kali setiap hari, agar bintitan cepat mengering dan sembuh.

- Jika bintitan muncul pada kedua mata atau di beberapa tempat pada satu mata, jangan gunakan waslap yang sama untuk membersihkan mata yang tidak terkena bintitan. Sebab, bakteri penyebab bintitan bisa saja menyebar ke mata yang sehat. Jangan lupa mencuci tangan setelah mengompres mata anak.

- Jika bintitan tak kunjung sembuh, bahkan menyebabkan sakit dan memerah, sebaiknya segera bawa ke dokter agar ditindaklanjuti oleh yang berkompeten.

Dokter mungkin akan memberi resep salep antibiotik atau obat antibiotik untuk mengatasi masalah bintitan yang diderita oleh anak.

Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved