Tajuk TamuTribun Manado

Membumikan Potensi Wisata Sulawesi Utara

Kebijakan pembukaan rute penerbangan Manado–Tiongkok cukup ampuh menaikkan kunjungan wisman di Sulut, tidak hanya berbicara data, tapi fakta.

Membumikan Potensi Wisata Sulawesi Utara
tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa
Dirut PT Angkasa Pura Bandara Sam Ratulangi Manado menyambut kedatangan wisman asal Nanning, Wuxu, Tiongkok di Bandara Sam Ratulangi Manado, Selasa (2/4/2019). 

Oleh:
Ahmad Yeyen Fidyani SST MSE
Statistisi Ahli Pertama BPS Kota Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID - PADA Jumat, 1 November 2019, BPS merilis Berita Resmi Statistik (BRS) yang satu di antaranya tentang pariwisata, yaitu terkait wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sulawesi Utara.

Dalam BRS tersebut disebutkan bahwa jumlah wisman yang melancong ke Sulut melalui pintu masuk Bandara Internasional Sam Ratulangi pada September 2019 adalah sebanyak 11.879 orang.

Jumlah ini menurun sebesar 16,20 persen jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2019 yang menembus angka 14.175 orang. Jumlah tersebut pun menurun sebesar 6,68 persen apabila dibandingkan dengan kunjungan wisman bulan yang sama pada tahun sebelumnya yaitu September 2018 yang mencapai 12.730 orang.

Wisman yang melancong ke Sulut pada September 2019 didominasi oleh warga Tiongkok sebanyak 10.442 orang atau 87,90 persen. Sedangkan warga Filipina yang berkunjung ke Sulut hanya sebanyak 23 orang atau hanya sebesar 0,19 persen.

Wali Kota Bitung Target 500 Wisatawan ke Bitung Akhir 2019, Menpar Arief Yahya Bakal Hadir di FPSL

Mengapa hanya Tiongkok dan Filipina yang menarik perhatian? Karena beberapa tahun terakhir media cetak maupun online khususnya di Sulut, bahkan di level nasional pun sempat diberitakan mengenai penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Tiongkok ke Manado dan dari Davao (Filipina) ke Manado.

Khusus penerbangan Manado – Davao, Garuda Indonesia mulai melayani rute tersebut secara PP dari Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado ke Bandara Internasional Francisco Bangoy di Davao mulai 27 September 2019 lalu.

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara, rute penerbangan ini dapat memperkuat jaringan penerbangan regional sekaligus mendukung hubungan perekonomian dan kepariwisataan antar kedua negara. Beliau menambahkan, dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Davao yang mencapai 2,3 juta orang sepanjang 2018, dapat menjadi peluang bagi pengembangan potensi kepariwisataan di Manado.

Grab dan Pemprov Sulut Jalin Kerja Sama Majukan Sektor Pariwisata Daerah

Sebelumnya pada 8 Maret 2019, Lion Air membuka layanan penerbangan carter dari dan menuju Tiongkok dengan rute Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado ke Bandara Xian Xianyang Tiongkok. Padahal Lion Air telah memilki empat rute penerbangan carter Manado – Tiongkok dengan tujuan Changsha Huanghua, Tianjin, Guangzhou Baiyun, dan Shanghai Pudong yang telah beropersai sejak beberapa tahun lalu.

Jika kembali kepada data BRS tersebut, terlihat bahwa kebijakan pembukaan rute penerbangan Manado – Tiongkok cukup ampuh dalam menaikkan kunjungan wisman di Sulut, tidak hanya berbicara data, fakta di lapangan pun demikian.

Halaman
12
Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved