Makan Parutan Kelapa Bisa Buat Anak Cacingan?

Masih banyak masyarakat yang percaya jika anak makan parutan kelapa dapat membuatnya terkena cacingan.

Makan Parutan Kelapa Bisa Buat Anak Cacingan?
NAKITA
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Masih banyak masyarakat yang percaya jika anak makan parutan kelapa dapat membuatnya terkena cacingan yang disebabkan oleh cacing kremi alias kremian.

Diketahui menurut Mayo Clinic, kremian merupakan salah satu kondisi cacingan yang disebabkan infeksi cacing kremi yang masuk ke dalam tubuh, biasanya menyerang usus besar manusia.

Dalam beberapa kasus, infeksi cacing kremi dapat menimbulkan gejala berupa gatal, sakit, dan ruam pada bagian anus, serta nyeri perut dan mual.

Terkait tentang kepercayaan sebagian masyarakat yang menyebut makan parutan kelapa bisa menyebabkan anak infeksi cacing kremi ternyata dikarenakan ketika anak mengalami kremian sering sekali ditemukan cacing-cacing kecil yang bentuknya mirip dengan parutan kelapa di anus mereka.

Hal ini lah yang membuat sebagian masyarakat menilai bahwa makan parutan kelapa bisa menyebabkan kremian.

Padahal pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka. Menurut dr. Marlyn Cecilia Malonda, SpA cacing-cacing kecil yang sering muncul pada anak yang keremian bukanlah berasal dari parutan kelapa seutuhnya.

“Mitos atau fakta, jawabannya mitos saja,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2019).

Akan tetapi dokter yang berpraktik di RS Mayapada Tangerang ini menyebutkan, hal tersebut bisa saja terjadi apabila kelapa parut yang dikonsumsi terkontaminasi telur cacing kremi.

“Penularan cacing kremi bisa melalui sentuhan langsung dengan kulit atau benda atau makanan yang terkontaminasi cacing kremi,” kata dia.

Cacing kremi biasanya memang keluar dari anus pada malam hari untuk meletakkan telurnya pada lipatan kulit sekitar anus.

Halaman
12
Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved