Info Sehat

Efek Baik Kopi Sesuai Dengan Studi Pendahuluan Tim peneliti Yang Dipimpin Oleh Profesor Kedokteran

Ini Efek baik dari kopi sesuai dengan studi pendahuluan Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Li Jiao, seorang profesor kedokteran-gastroenterologi

Efek Baik Kopi Sesuai Dengan Studi Pendahuluan Tim peneliti Yang Dipimpin Oleh Profesor Kedokteran
boldsky.com
Kopi hitam. Efek baik dari kopi sesuai dengan studi pendahuluan Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Li Jiao, seorang profesor kedokteran-gastroenterologi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat ini kopi menjadi minuman yang bisa kita temui dimana saja. Tak hanya rumah kopi atau restoran tertentu. Tetapi juga sudah selalu disediakan di kantor dan di rumah.

Kopi punya efeknya untuk tubuh. Simak ini efek baik kopi bagi kita.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Li Jiao, seorang profesor kedokteran-gastroenterologi di Baylor College of Medicine di Houston tampaknya menemukan efek baik dari kopi.

Mereka mempresentasikan dalam studi pendahuluan mereka, bahwa minum kopi bisa menghasilkan mikrobioma usus yang lebih sehat.

Studi baru ini, diikuti 34 peserta yang mengonsumsi beberapa cangkir kopi per hari selama setahun sebelumnya, hasilnya menunjukkan mikrobioma usus yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang minum kopi dalam jumlah yang lebih sedikit, atau tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Spesies bakteri peminum kopi berat ditemukan berlimpah dan didistribusikan secara merata di usus besar mereka.

Selain itu, mikrobioma yang lebih sehat sangat mengurangi peradangan, dan ini tidak termasuk bakteri yang disebut Erysipelatoclostridium, yang diketahui menyebabkan kelainan metabolisme dan obesitas.

Meskipun masih tidak pasti bagaimana minuman dapat secara positif memengaruhi microbioma usus, Jiao mengatakan bahwa kafein dan kandungan nutrisi lain dari kopi memengaruhi metabolisme bakteri dan bagaimana produk dari proses ini berdampak pada tubuh sebagai balasannya.

Jiao menambahkan, bahwa tim peneliti masih perlu tahu banyak tentang bagaimana interaksi bakteri dan tubuh sebagai akibat dari minum dua cangkir kopi atau lebih secara keseluruhan dapat berdampak pada kesehatan.

Untuk sementara waktu, Jiao berkata untuk hanya mengikuti naluri dan menikmati kopi.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved