Nasional

Tanggal 1 Desember 2019 Hari Spesial Organisasi Papua Merdeka, Menkominfo Tak Akan Blokir Internet

Organisasi Papua Merdeka (OPM) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pada 1 Desember 2019. Tak ada pemblokiran internet oleh Menkominfo RI.

Tanggal 1 Desember 2019 Hari Spesial Organisasi Papua Merdeka, Menkominfo Tak Akan Blokir Internet
(KOMPAS.com/ GITO YUDHA PRATOMO)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kanan).Organisasi Papua Merdeka (OPM) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pada 1 Desember 2019. Tak ada pemblokiran internet oleh Menteri Komunikasi dan Informatika. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Organisasi Papua Merdeka (OPM) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pada 1 Desember 2019. Tak ada pemblokiran internet oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate.

Menteri Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) Johnny G Plate menyatakan, pihaknya tak akan memblokir internet di Papua saat HUT OPM nanti pada 1 Desember.

Hal itu disampaikan Johnny G Plate selepas rapat di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

"Enggak ada pembatasan internet. Hak sipil itu dijaga. Hanya pada saat di mana ada sipil disobidient, pada saat sipil disorder, kekacauan. Itu kan perlu untuk dijaga agar kekacauan itu tidak berlanjut," ujar Johnny G Plate.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, Kominfo terlebih dahulu melakukan hal-hal preventif untuk mencegah terjadinya kerusuhan di Papua.

Salah satu yang dilakukan ialah melalui pemahaman literasi kepada masyarakat Papua agar tak termakan hoaks.

Meski demikian, Kominfo juga menyiapkan diri untuk melakukan hal-hal yang dapat mencegah penyebaran hoaks yang masif, seperti saat kerusuhan di Jayapura, Fakfak, Manokwari, dan Timika akibat kasus rasisme di Asrama Papua, Surabaya, Jawa Timur.

Ia pun meyakini Polri dan TNI telah mempersiapkan diri untuk mencegah terjadinya kericuhan pada 1 Desember.

"Jadi enggak ada pembatasan. Salah. Tidak ada violated civil rights. Tidak ada itu. Yang ada ya harus diatur saat emergency, di saat dimana terjadi kekacauan. Kan (Kominfo) harus bantu," ujar Johnny.

"Tapi yang pertama hadir di lapangan kan aparat hukum, aparat kepolisian, tokoh-tokoh masyarakat. Kominfo membantunya dari apa? Dari teknologi informasinya, ya internet, dari medsos, coba cerdas karena masyakarakat tidak mau kacau," kata dia. (*)

TAUTANAWALKOMPAS.COM

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved