Investasi ke Sulut Mengalir Deras, Ekonom Gerdi Worang Sebut Faktor Olly dan Komitmen Pusat

Sulawesi Utara menjadi prioritas dalam hal investasi. Sulut bisa disebut daerah yang memang dipilih oleh pemerintah pusat untuk sasaran investasi.

Investasi ke Sulut Mengalir Deras, Ekonom Gerdi Worang Sebut Faktor Olly dan Komitmen Pusat
Istimewa
Pengamat Ekonomi, Dr F. Gerdi Worang  

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sulawesi Utara menjadi prioritas dalam hal investasi. Sulut bisa disebut daerah yang memang dipilih oleh pemerintah pusat untuk sasaran investasi.

Pengamat ekonomi dari Universitas Sam Ratulangi, Dr F. Gerdi Worang menyebut, lemerintah pusat sangat serius menjadikan Sulut daerah maju.

"Hal ini bisa dilihat dari ditandatanganinya sejumlah kerja sama investasi perusahaan asing dengan Pemprov Sulut maupun kabupaten kota. Bertepatan di momentum Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Manado, Kamis (31/10/2019)," kata Gerdi, Kamis malam.

Menurutnya, Datangnya investasi itu merupakan bukti pemerintah pusat melirik dan memilih Sulut. Itu juga wujud komitmen pemerintah pusat mengembangkan perekonomian di Sulut. "Hal ini linier dengan program destinasi pariwisata super prioritas," jelas dia.

Di balik itu, dapat dilihat bahwa, komitmen pemerintah pusat juga sejalan dengan komitmen Pemda Sulut yang dikomandani Gubernur Olly Dondokambey.

Investor datang karena ada garansi dari gubernur yang siap memberikan dukungan dan 'kebebasan' bagi pemilik modal.

"Orang berani investasi karena mereka melihat pemerintah yang dikomandani Gubernur punya komitmen kuat untuk investasi," kata Gerdi yang juga Komisaris Bank SulutGo.

Lanjut dia, Gubernur Olly berani menjamin jika ada hambatan-hambatan non prinsip, Pemprov siap memfasilitasinya demi investasi. Itu menjadi sebuah nilai tambah bagi iklim investasi di Sulut.

"Disamping itu, Gubernur punya bargaining power kuat dan kemampuan lobi di pusat yang luar biasa," katanya.

Dan, kerja sama investasi ini bukan sekadar perjanjian di atas kertas karena kita lihat, ada dukungan Menteri Investasi Luhut Panjaitan di sini. Artinya apa, investasi itu akan dijalankan.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved