Berita Religi

Gereja Katolik Rayakan Hari Raya Semua Orang Kudus, Ini Sejarahnya!

Gereja telah mulai menghormati para Santo/Santa dan martir sejak abad kedua

Gereja Katolik Rayakan Hari Raya Semua Orang Kudus, Ini Sejarahnya!
ISTIMEWA
Gereja Katolik Rayakan Hari Raya Semua Orang Kudus, Ini Sejarahnya! 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pada 1 November, Gereja Katolik merayakan Hari Raya Orang Kudus.

Perayaan sudah sejak awal Gereja.

Menurut www.katolisitas.org, pada hari raya orang kudus (1 November) Gereja Katolik merayakan hari para orang kudus, baik mereka yang telah dikanonisasikan/ diakui Gereja sebagai Santo/ Santa, maupun para orang kudus lainnya yang tidak/ belum dikenal.

Gereja telah mulai menghormati para Santo/Santa dan martir sejak abad kedua.

Hal ini terlihat dari catatan kemartiran St Polycarpus di abad kedua sebagai berikut:

“Para Prajurit lalu,…. menempatkan jenazahnya [Polycarpus] di tengah api.

Selanjutnya, kami mengambil tulang- tulangnya, yang lebih berharga daripada permata yang paling indah dan lebih murni dari emas, dan menyimpannya di dalam tempat yang layak, sehingga setelah dikumpulkan, jika ada kesempatan, dengan suka cita dan kegembiraan, Tuhan akan memberikan kesempatan kepada kita untuk merayakan hari peringatan kemartirannya, baik untuk mengenang mereka yang telah menyelesaikan tugas mereka, maupun untuk pelatihan dan persiapan bagi mereka yang mengikuti jejak mereka.” (St. Polycarpus, Ch. XVIII, The body of Polycarp is burned, 156 AD).

Para Bapa Gereja, antara lain St. Cyril dari Yerusalem (313-386) mengajarkan demikian tentang penghormatan kepada para orang kudus:

“Kami menyebutkan mereka yang telah wafat: pertama- tama para patriarkh, nabi, martir, bahwa melalui doa- doa dan permohonan mereka, Tuhan akan menerima permohonan kita …. (Catechetical Lecture 23:9).

Pada awalnya kalender Santo/ Santa dan Martir berbeda dari tempat yang satu ke tempat lainnya, dan gereja- gereja lokal menghormati orang- orang kudus dari daerahnya sendiri.

Halaman
12
Penulis: David_Manewus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved