Ditipu Investasi Bodong? Bisa Lapor ke Pos Pengaduan Ini

Otoritas Jasa Keuangan melalui Satgas Waspada Investasi bekerja sama dengan 13 Kementerian dan Lembaga bakal secara rutin menggelar pos pengaduan

Ditipu Investasi Bodong? Bisa Lapor ke Pos Pengaduan Ini
Tribunnews.com
Ilustrasi investasi bodong 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bagi Anda yang hendak melaporkan sindikat investasi bodong seperti pinjaman online (pinjol) ilegal atau investasi bodong dalam bentuk apapun, Anda bisa datang ke Gade Coffee and Gold Kementerian BUMN.

Sebab, Otoritas Jasa Keuangan melalui Satgas Waspada Investasi (SWI) bekerja sama dengan 13 Kementerian dan Lembaga (K/L) bakal secara rutin menggelar pos pengaduan setiap hari Jumat pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. 

Adapun 13 K/L tersebut antara lain, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi, BKPM, Kementerian Dalam Negeri, Kepolisian, PPATK, Bank Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Infomatika, dan lain-lain. 

"Kami buat "Warung Waspada Investasi" di sini dengan 13 K/L untuk menampung masyarakat yang ingin mengadu.

Kami lakukan setiap minggu sekali, setiap hari Jumat pukul 09.00 WIB hingga jam 11.00 WIB," kata Kepala Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L Tobing di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Dia mengatakan, The Gade Coffee and Gold Kementerian BUMN Jakarta Pusat dipilih karena merupakan ruang publik, sehingga masyarakat bisa lebih rileks dan lebih leluasa saat mengadu. 

"Kita sempat mencari juga tempat yang cocok. Dan kita mendapat tenpat publik ini.

Agar tidak terlalu formal, lebih leluasa. Dan yang mengadu juga bisa bersantai sambil menikmati kopi," ucapnya.

Nantinya, OJK akan memberikan berbagai bantuan untuk para pengadu. Bantuan itu berupa solusi dan jalan keluar seperti penangkapan pelaku investasi bodong dan penutupan website ilegal. 

"Perlu disampaikan bahwa SWI bukan lembaga penegak hukum.

Halaman
12
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved