Berita Manado

Belum Capai Kesepakatan dengan Pemkot, KPU Jalankan Tahapan Pilkada dengan Keterbatasan Dana

Polemik dana Pilkada antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado dan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado masih terus berlanjut.

Belum Capai Kesepakatan dengan Pemkot, KPU Jalankan Tahapan Pilkada dengan Keterbatasan Dana
IST
Ketua KPU Manado Sunday Rompas 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Polemik dana Pilkada antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado dan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado masih terus berlanjut.

Pasalnya hingga saat ini kedua belah pihak belum melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

KPU Manado membutuhkan kepastian dana Pilkada lewat penandatanganan NPHD, tapi hingga kini pihak KPU dan Pemkot Manado belum menemui kesepakatan soal nominal anggaran sehingga tersendat pada penandatanganan NPHD.

Usut punya usut, anggaran yang disetujui pihak Pemkot Manado tidak sesuai dengan anggaran yang diajukan pihak KPU.

Upaya untuk menemui kata sepakat terus dilakukan KPU dan Pemkot Manado melalui Sekretaris Daerah (Sekda) dan jajaran, namun hal tersebut kembali gagal karena kedua pihak sebalumnya sepakat pada angka 43 miliar kemudian mendadak turun menjadi 35 miliar.

Ketua KPU Sunday Rompas mengatakan, pihaknya mengajukan anggaran Rp 43 miliar dan hanya disetujui Rp 35 miliar oleh pihak Pemkot Manado.

“Kami Tolak. Kami akan melaporkan sikap pemerintah itu kepada atasan di KPU Provinsi untuk kemudian diteruskan kepada pusat,” ucapnya.

Lanjutnya, seharusnya dana pilkada tersebut sudah capai kesepakatan, sebab 26 Oktober 2019 kemarin, KPU menetapkan syarat dan dukungan untuk calon perseorangan termasuk persebarannya di kecamatan-kecamatan yang ada di Manado.

"Jadi tahapan ini sudah sangat memerlukan anggaran, terlebih mulai tanggal 1 November 2019, rangkaian tahapan pilkada pun sudah jalan," ucapnya.

Dikatakan Rompas, KPU mulai menjalankan tahapan pilkada dengan segala keterbatasan.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved