Breaking News:

Manula Sehat

Ini Rahasia Sehat di Usia 60-an, Tidur 7 Jam per Hari, Nutrisi, Olahraga

Sehat di usia senja, merupakan satu hal yang menyenangkan bagi manusia. Tubuh rentan jatuh sakit di usia 60-an. Banyak penyakit kronis

grid.id
Ia kini jadi model di usia senjanya 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Sehat di usia senja, merupakan satu hal yang menyenangkan bagi manusia. Tubuh rentan jatuh sakit di usia 60-an. Banyak penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan malnutrisi yang menyerang kesehatan tubuh.

Olahraga (stithian.com)
Olahraga (stithian.com) ((stithian.com))

Ada cara untuk mempersiapkan ‘kebahagiaan’ di usia manula, salah satunya dengan menjalankan pola hidup sehat. Ikuti 4 langkah di bawah ini untuk masa tua yang lebih indah dan berkualitas.

Olahraga rutin selama 30 menit per hari

Meski sudah menginjak usia manula, bukan berarti Anda menghindari aktivitas fisik. Olahraga juga penting untuk manula. Selain dapat meningkatkan kekuatan otot jantung, olahraga juga berguna untuk kekebalan sistem imun Anda. 

Tidak perlu melakukan olahraga berat, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga lansia yang ringan. Entah itu jogging, bersepeda, atau berenang. Olahraga tidak hanya membuat tubuh lebih bugar, tetapi juga baik untuk kesehatan mental Anda. Lakukan secara rutin 30 menit per hari pada pagi hari. 

Kebutuhan tidur 7-9 jam

Kalau saat muda Anda suka tidur larut malam, tidak begitu di usia 60an. Kualitas tidur sangat penting bagi manula untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan membantu meningkatkan memori pada lansia sehingga mengurangi risiko pikun.

Susah tidur alias insomnia.
Susah tidur alias insomnia. (ABCNews)

Dilansir dari Help Guide, manula yang sulit tidur di malam hari cenderung mengalami depresi, sulit konsentrasi, mudah pikun, cepat lelah di siang hari, dan mudah jatuh. 

Para manula dianjurkan untuk istirahat yang cukup, selama 7-9 jam setiap malamnya. Untuk tahu lansia memiliki kualitas tidur yang baik, perhatikan kondisi tubuhnya di siang hari. Apakah terlihat lelah dan gampang marah?

Hindari stres 

Halaman
12
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved