Dana Asing Kembali Menyambangi Bursa

Dana asing nampak kembali ke bursa saham. Selama sepekan terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG

Dana Asing Kembali Menyambangi Bursa
kontan
Uang dolar AS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Dana asing nampak kembali ke bursa saham. Selama sepekan terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatat aksi beli asing (net buy) sebesar Rp 325,68 miliar di seluruh pasar.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma menilai, itu terjadi sebagai respon atas keputusan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan. "Terlebih, masih ada potensi bunga acuan akan turun lagi," ujarnya akhir pekan lalu, Jumat (27/10).

Blue Bird Siap Menjalankan 2.000 Unit Mobil Listrik

Jika dilihat siklus yang terjadi, penurunan bunga acuan memang mendorong dana masuk ke instrumen lainnya seperti saham. Ini karena potensi imbal hasil bursa saham lebih menarik ketimbang instrumen keuangan yang menggunakan bunga.

Diturunkannya suku bunga acuan juga akan mendorong permintaan. Hasilnya, pertumbuhan ekonomi bakal menjadi lebih moncer.

Akan terbatas

Pada saat yang bersamaan, sentimen positif juga tergolong ramai. Salah satu sentimen positif tambahan adalah, susunan Kabinet Indonesia Maju. "Susunannya sesuai dengan harapan pasar," imbuh Suria.

Meski begitu, euforia tersebut kemungkinan tak berlangsung lama. Sebab, musim laporan keuangan sudah tiba.

"Kenaikan kemarin hanya menyambut susunan kabinet, selebihnya nanti dipengaruhi oleh laporan keuangan emiten," jelas analis Panins Sekuritas William Hartanto.

Kinerja keuangan hingga kuartal ketiga cenderung stagnan, dengan hanya mencatat kenaikan laba bersih sekitar 0,4 kali secara tahunan menjadi Rp 8,62 triliun.

Namun, analis Mirae Sekuritas Indonesia mengatakan, fundamental BBRI masih tetap solid. Ini tercermin dari net interest margin (NIM) yang meningkat menjadi 6,81 secara kuartalan.

Mulan Jameela Woles Ditempatkan di Komisi Energi

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved