Blue Bird Siap Menjalankan 2.000 Unit Mobil Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) menjadi pelopor pengguna mobil listrik untuk angkutan umum. Merasa puas dengan kendaraan

Blue Bird Siap Menjalankan 2.000 Unit Mobil Listrik
TRIBUNMANADO
PT Blue Bird Tbk meluncurkan aplikasi “My Blue Bird” untuk area Manado pada Senin (24/7/2017). Tampak hadir Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - PT Blue Bird Tbk (BIRD) menjadi pelopor pengguna mobil listrik untuk angkutan umum. Merasa puas dengan kendaraan yang ramah lingkungan, manajemen Blue Bird memastikan akan menambah jumlah mobil listrik dalam beberapa tahun mendatang. Alhasil, total kendaraan listrik Blue Bird bisa mencapai 2.000 unit pada tahun 2025.

IHSG Kena Imbas Perang Dagang dan Brexit, Prediksi Rupiah: Menanti FOMC

Saat ini, operator transportasi darat berlogo burung biru tersebut telah mengoperasikan 29 unit mobil listrik, yang terdiri dari 25 unit jenis BYD E6 dan empat unit Tesla X.

Investor Relation PT Blue Bird Tbk, Michael Tene, mengklaim kinerja mobil listrik sudah memuaskan. Tanpa memerinci, animo masyarakat  terhadap kendaraan ramah lingkungan cukup besar. BIRD cukup puas dengan efisiensi biaya bahan bakar maupun maintenance mobil listrik.

"Semangat publik sangat baik, terutama generasi milenial yang sangat paham kontribusi penting mobil listrik dalam pengurangan emisi gas buang dan pelestarian lingkungan," jelas dia, kepada KONTAN, Senin (28/10).

Ribuan Tentara dan Polisi Amankan Jokowi di Papua

Menurut Michael, untuk mendukung operasional mobil listrik, BIRD memiliki 14 charging stations. "Kami memiliki 14 charging stations yang mampu mengisi baterai mobil listrik dari kondisi kosong hingga 100% dalam waktu hanya sekitar 90 menit," ujar Michael.

Dari hasil evaluasi sementara tersebut, manajemen BIRD memutuskan menambah mobil listrik setiap tahun hingga tahun 2025. Untuk tahun 2020, BIRD ingin menambah sebanyak 200 unit.

Namun Michael masih merahasiakan nilai belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk menambah kendaraan tersebut. Manajemen Blue Bird masih menimbang jenis mobil listrik yang menjadi bidikan.

Karyawan General Motors di Indonesia Dapat Pesangon

Dengan penambahan mobil listrik, Blue Bird juga menghitung biaya untuk pembangunan charging station untuk menopang operasional mobil listrik. Pasalnya, manajemen BIRD akan memperluas area operasi. Saat ini mobil listrik BIRD baru beroperasi di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

"Kami sedang memperhitungkan capex mobil listrik untuk tahun 2020," kata Michael. Yang jelas, pada tahap awal penggunaan mobil listrik, BIRD menggelontorkan investasi Rp 40 miliar. (Andi Dwijayanto)

Kinerja PT Blue Bird Tbk (BIRD)

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved