Wakil Uskup TNI/Polri Letkol Bintoro Diskusi Kebangsaan di STFSP, Ini Penjelasan Soal Jabatannya

Pastor Letkol (Sus.) Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr memberikan diskusi kebangsaan di Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STFSP).

Wakil Uskup TNI/Polri Letkol Bintoro Diskusi Kebangsaan di STFSP, Ini Penjelasan Soal Jabatannya
Istimewa
Wakil Uskup TNI/Polri Letkol Bintoro Diskusi Kebangsaan di STFSP, Ini Penjelasan Soal Jabatannya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pastor Letkol (Sus.) Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr memberikan diskusi kebangsaan di Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STFSP), Senin (21/10/2019) malam. Kegiatan dengan tema "Mencintai tanah air, menghidupi nafas menggereja" dibuat di aula Seminari Pineleng.

Romo Bintoro panggilan akrabnya menurut ketua STFSP Dr. Gregorius Hertanto Dwi Wibowo, S.S, M.Th., MSC mengangkat pentingnya mencintai tanah air sebagai jalan menhidupi nafas Gereja. Seperti judul, Romo Bintoro mengingatkan kata-kata Mgr Soegijapranata dulu.

"Jadilah 100 persen patriotik dulu, baru kita bisa jadi 100 persen Katolik," katanya.

Profil Sri Mulyani, Orang Pertama yang Dipanggil Jokowi Hari Ini, Raih Menteri Keuangan Terbaik Asia

Bintoro sebagai Wakil Uskup TNI/Polri itu mengatakan itu kita harus menghayati nilai nilai antropologis bangsa, gotong royong dan nilai nilai kemanusiaan. Selain itu menghayati spiritualitas kontemplasi dan mistik kristiani

Dia juga mengangkat sumbangan umat Katolik pada pembentukan dan pendirian negara. Umat Katolik juga memiliki kedekatan dengan budaya. Karena itu, ia tekankan pentingnya teologi kontekstual.

Perwira TNI AU itu mengatakan konteks iman katolik mencintai tanah airnya seperti mencintai ibu bapa kita. Membela tanah air itu adalah makna lain dari perintah Allah keempat.

Ia mengajak agar Spiritualitas Ekaristi dibawa dalam kehidupan berbangsa.

"Berani hancur dan mencair. Supaya bisa meresapi kebangsaan," katanya.

Menurut wikipedia. Pastor Letkol (Sus.) Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr (lahir di Jakarta, 30 November 1967; umur 51 tahun) adalah seorang perwira menengah TNI-AU. Ia menjabat sebagai Wakil Uskup TNI/Polri.

Menurut hidupkatolik.com, Keuskupan Militer atau dikenal dengan Ordinariatus Castrensis Indonesia(OCI) melalui Surat Keputusan (SK) bernomor 075/3.20/2019, secara resmi mengangkat Pastor Yoseph Maria Marcelinus Bintoro, Pr sebagai Wakil Uskup Umat Katolik di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).
SK tertanggal, Jumat (25/1/2019).

Mgr Ignatius Suharyo selaku Uskup Militer Indonesia / Uskup Umat Katolik di Lingkungan TNI dan POLRI menandatangani SK itu.

Ordinariat Militer Indonesia menurut wikipedia adalah ordinariat militer dari Gereja Katolik Roma yang langsung tunduk pada Tahta Suci. Mereka menyediakan pelayanan pastoral kepada umat Katolik Roma yang melayani di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia bersama keluarga mereka.

 Kematian Guru SMK Ichthus, Toar Palilingan Sebut Kasus Ini Mencoreng Dunia Pendidikan di Sulut

 Kami Masih Bersaudara, Yasti Beber Alasan Keluar dari Nasdem

TONTON JUGA :

Penulis: David_Manewus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved