Tajuk Tamu

Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombatu Timur

Sejak tahun 2014, tepatnya setelah Undang-Undang tentang Desa diterbitkan, pemerintah mulai mendorong pemerintahan desa untuk dapat mengelola dana se

Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombatu Timur
Istimewa
Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombatu Timur 

Program Kemitraan Masyarakat Kreativitas Usaha BUMDes Lemoh Raya di Kecamatan Tombatu Timur

Oleh:
Tim Kerja Dedy Natanael Baramuli, SE, MSi
KetuaTim Dr. Rita Norce Taroreh, SE, MPd. Anggota Tim

Setiap desa memiliki potensi yang beragam. Mengetahui potensi ekonomi desa menjadi sangat penting saat ini, karena merupakan salah satu langkah awal dalam upaya meningkatkan kualitas ekonomi di seluruh pelosok negeri. Ada banyak sekali potensi daerah yang dapat digali. Salah satunya adalah dengan program BUMDesa.

Sejak tahun 2014, tepatnya setelah Undang-Undang tentang Desa diterbitkan, pemerintah mulai mendorong pemerintahan desa untuk dapat mengelola dana anggaran untuk desa secara mandiri. Tentu, dengan melingkupi beberapa aspek dan program ekonomi unggulan. Tujuannya adalah untuk penyerapan anggaran desa yang lebih berdaya guna.

BUMDesa adalah sebuah badan usaha yang dibentuk dengan tujuan akhir untuk mensejahterakan masyarakat desa. BUMDesa hadir untuk memberikan fasilitas bagi setiap warga negara yang memiliki potensi, baik barang maupun jasa.

Banyak desa yang berhasil mengentaskan persoalan-persoalan layanan dasar warganya berkat BUMDesa. Namun sebaliknya, tidak bisa dipungkiri pula banyak desa yang gagal menjalankan program ini, sehingga keberadaan BUMDesa hanya sebagai pelengkap pemerintahan saja, tetapi tidak menjalankan fungsi sebagaiana seharusnya.

Analisis Situasi

Lemoh Raya telah ada sejak tahun 1770, namun sejak tanggal 3 Oktober 2007 melalui Surat Keputusan Bupati Minahasa, Desa Lemoh dimekarkan. Istilah Lemoh Raya merupakan gabungan dari empat desa pemekaran Desa Lemoh yang meliputi: Desa Lemoh, Desa Lemoh Uner, Desa Lemoh Timur dan Desa Lemoh Barat.

Berdasarkan observasi awal dan hasil wawancara dengan masyarakat dan hukum tua yang ada di Lemoh Raya ditemukan bahwa Lemoh Raya memiliki banyak potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat dikelola untuk mendatangkan kesejahteraan masyarakat.

Secara geografis, Lemoh Raya merupakan gugusan empat buah desa yang berada di jalur utama yang menghubungkan Tanawangko dan Kota Tomohon yang adalah jalur alternative satu-satunya bagi desa-desa yang berada di pantai utara Sulawesi Utara menuju ibukota Kabupaten Minahasa yang berada di Tondano.

Halaman
123
Editor: Maickel_Karundeng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved