Ini Bocoran Nama-nama Kabinet Jokowi: Beberapa Kandidat dari Sulut

Setelah dilantik menjadi Presiden RI periode 2019-2024, Joko Widodo akan mengumumkan Kabinet Kerja Jilid II

Ini Bocoran Nama-nama Kabinet Jokowi: Beberapa Kandidat dari Sulut
Istimewa
Jokowi Amin Kalah di Sini, Tapi Warganya Khusyuk Doakan Pelantikan Keduanya 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Setelah dilantik menjadi Presiden RI periode 2019-2024, Joko Widodo akan mengumumkan Kabinet Kerja Jilid II pada Senin (21/10/2019) pagi. Bocoran nama-nama menteri ramai di publik.

Dari Sulawesi Utara, ada 4 nama yang masuk bursa menteri, wakil menteri hingga juru bicara kepresidenan. Paling santer Olly Dondokambey. Gubernur Sulut ini menguat di posisi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menggantikan Tjahjo Kumolo. Bendahara Umum PDIP ini juga dijagokan memimpin Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ada Undangan Pelantikan dan Senjata di Mobil: Polisi Temukan Pelat Nomor Palsu

Kemudian Lodewijk Paulus. Politisi Partai Golkar ini masuk bursa calon Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selanjutnya nama Thomas Trikasih Lembong disebut bakal mengisi kursi Wakil Menteri Perindustrian. Terakhir Benny Rhamdani. Mantan aktivis 1998 ini diplot sebagai Juru Bicara Kepresidenan.

Jokowi mengaku susunan menteri sudah selesai. Sedikit bocoran, Jokowi mengungkapkan, ada sekitar 16 menteri dari partai politik, sesuai pernyataannya yang menyebutkan proporsi menteri dari politisi dan profesional sebesar 45 persen berbanding 55 persen. Jika ada 34 kementerian, maka ada sekitar 15-16 posisi menteri yang dijabat oleh politisi.

Selebihnya, diduduki oleh kalangan profesional. "Sudah rampung, besok dikenalkan, besok pagi," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Minggu (20/10/2019). Jokowi masih menutup rapat soal formasi terbaru kabinetnya. Dia meminta publik menunggu hingga besok pagi. "Besok dilihat," ujarnya.

Jokowi mengabarkan Ma'ruf Amin Senin pagi akan bertolak ke Jepang untuk menghadiri acara penobatan kaisar. Perkenalan menteri baru tak akan menunggu Ma'ruf pulang. Dari bocoran yang ramai di grup WhatsApp, ada beberapa versi nomenklatur kementerian dan calon menteri (lihat grafis).

Dari bocoran itu, Olly harus bersaing dengan Budi Gunawan hingga Pramono Agung di posisi Mendagri. Gubernur Sulut ini juga bersaing dengan sejumlah figur seperti Ignatius Jonan, Erick Thohir, Budi Karya Sumadi, Dwi Sutjipto dan Rudiantara memperebutkan kursi Menteri BUMN.

Tak kalah ketat, perebutan posisi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutaman. Paulus harus bersaing dengan petahana Siti Nurbaya dari Partai Nasdem dan Tri Rismaharini dari PDIP. Sedangkan Thomas Lembong disebut bakal mengisi kursi Wakil Menteri Perindustrian dan Benny Rhamdani sebagai Juru Bicara Kepresidenan tak banyak saingan.

Retno Dampingi Jokowi Terima Tamu, Masa Jabatan Menteri Kabinet Kerja Telah Berakhir

Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, makin santer disebut bakal masuk kabinet, setelah partai itu mendapat jatah satu kementerian.
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon tidak bersedia menjawab secara gamblang mengenai kemungkinan tersebut. "Nanti kita lihat saja," kata Fadli di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, saat menghadiri acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden RI.

Terkait cerita Prabowo soal Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln yang memberi jabatan pada lawan politiknya, William Seward, beberapa waktu lalu, Fadli menyampaikan pernyataan itu merupakan perumpamaan.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved