Retno Dampingi Jokowi Terima Tamu, Masa Jabatan Menteri Kabinet Kerja Telah Berakhir

Meski jabatannya sebagai menteri luar negeri di Kabinet Kerja telah berakhir, Retno Marsudi tetap mendampingi Presiden

Retno Dampingi Jokowi Terima Tamu, Masa Jabatan Menteri Kabinet Kerja Telah Berakhir
sabrina/kompas.com
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Meski jabatannya sebagai menteri luar negeri di Kabinet Kerja telah berakhir, Retno Marsudi tetap mendampingi Presiden Joko Widodo usai pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2014.

Retno Marsudi mendampingi Presiden Joko Widodo saat menerima tamu-tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Perakit Bom Pernah Pijat Eggi: Polisi Tangkap Eggi Sudjana

Retno, yang mengenakan kebaya berwarna ungu, menyambut Wakil Presiden China Wang Qishan di lobi Istana Merdeka. Setelah bersalaman, Retno mengajak Wang Qishan masuk ke Istana Merdeka untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Retno kemudian ikut Jokowi bertemu dengan Wang Qishan secara tertutup.

Seusai acara pelantikan di Gedung DPR/MPR pada Minggu sore, Presiden Joko Widodo menerima sejumlah tamu negara. Selain Wakil Presiden China Wang Qishan, Jokowi juga menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Vietnam Đ?ng Th? Ng?c Th?nh dan Wakil Presiden Republik Myanmar Henry Van Thio.

Setelah itu lima utusan khusus negara sabahat turut menemui Jokowi. Mereka adalah Utusan Khusus Presiden Republik Korea Noh Young-min, Utusan Khusus Presiden Filipina Theodoro Locsin Jr dan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Nakayama Norihiro.

Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Nahyan Mabarak Al Nahyan dan Utusan Khusus Presiden Amerika Serikat Elaine Chao juga menemui Jokowi.

"Malam hari ini saya menerima beberapa wakil presiden sampai pukul 21.00 WIB," kata Joko Widodo di Istana Merdeka, Minggu (20/10).

Sebelum acara pelantikan, Presiden Joko Widodo juga menerima kunjungan sejumlah kepala negara sahabat. Jokowi bertemu dengan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Raja Eswatini Mswati III.

Gunung Rinjani Terbakar: Semua Jalur Pendakian Ditutup

Retno Marsudi juga mendampingi Jokowi pada pertemuan-pertemuan sebelum pelantikan tersebut.

Eswatini adalah sebuah negara di Afrika yang pada tahun lalu berganti nama dari Swazilan. Raja Mswati III tiba di Komplek Istana pukul 10.20 WIB. Raja Mswati III datang didampingi istrinya.

Sejak jauh-jauh hari sebelumnya, Raja Mswati III menyatakan gembira bisa turut menyaksikan pelantikan Jokowi. Kegembiraan ini disampaikan Raja Eswatini dalam pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Eswatini Salman al Faris di Istana Kerajaan yang berlokasi di Mbabane dalam keterangan tertulis KBRI Pretoria.

Selama di Indonesia, selain akan menghadiri pelantikan Jokowi, Raja Mswati III juga akan bertemu dengan beberapa pengusaha, perwakilan badan usaha milik negara dan pihak terkait untuk membicarakan berbagai peluang kerja sama antardua negara.

Hubungan bilateral RI-Eswatini berlangsung sejak 1991 dan hingga kini berjalan secara sangat baik. Retno Marsudi mengatakan kehadiran Raja Mswati III bertujuan untuk memperkokoh hubungan kerja sama dengan Indonesia.

Gagal Finish MotoGP Jepang, Rossi Akui Bikin Kesalahan

"Raja Eswatini, Beliau datang dari jauh. Raja secara jelas menyampaikan ingin memperkokoh hubungan. Presiden juga sama," ungkap Retno.

Retno menambahkan Presiden Jokowi tertarik ikut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di sana. Afrika adalah fokus dari politik luar negeri Indonesia, terutama dalam konteks mengembangkan kerja sama ekonomi. (Tribun Network/sen/the)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved