James Tantang Imba di Manado: Buyarkan Konstelasi Imba-Altje

Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap blak-blakan soal Pilkada Kota Manado 2020. Ia siap maju jika dipercayakan PDIP

James Tantang Imba di Manado: Buyarkan Konstelasi Imba-Altje
istimewa/tribun manado
Bupati Mitra James Sumendap 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap blak-blakan soal Pilkada Kota Manado 2020. Ia siap maju jika dipercayakan PDIP bertarung di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara itu.

"Siap jika ditugaskan partai," kata Sumendap di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut, Jumat (18/10/2019). Sebagai petugas partai, James berpendapat harus siap sewaktu-waktu ditugaskan. Ia menganut falsafah ‘sedia payung sebelum hujan’.

Soal bertarung di pilkada, James punya segudang pengalaman. Menang gemilang di Pilkada Mitra 2013 mengalahkan incumbent. Kemudian tanpa lawan di Pilkada Mitra 2018. James menghadapi kotak kosong dan menang telak.

Politisi bertipe petarung ini ketika disinggung nama Jimmy Rimba Rogi alias Imba calon kuat di Pilkada Manado, ia malah sesumbar. "Ta for leh pa dia (kita kasih peluang duluan ke Imba)," ujar James lalu tersenyum.

Crystal Palace vs Manchester City: Membongkar Kelemahan Raksasa

Istilah for biasa digunakan orang Manado dalam persaingan. Artinya memberi kelonggaran atau start duluan kepada lawan. James menegaskan, sebagai politisi harus loyal ke partai, sehingga ia menanti keputusan PDIP. "Saat ini belum, masih menunggu (keputusan partai)," ungkap mantan Anggota DPRD Sulut ini.

Tagar maupun foto James Sumensap maju Pilkada Manado pun sudah ramai di media sosial (medsos). Ia berpendapat tak bisa melarang orang untuk menyebar konten di medsos.

Pengamat politik dari Universitas Sam Ratulangi, Dr Alfons Kimbal menilai, konstelasi pasangan Imba-Aaltje Dondokambey terancam buyar dengan masuknya James.

Imba dan Aaltje sudah mengirimkan sinyal politik diberbagai momen sebagai kandidat yang bakal diusung PDIP. Munculnya JS akan membayar kerinduan di akar rumput PDIP bahwa yang akan diusung memang kader banteng sejati.

Dari pengalaman sebelumnya PDIP acap kali krisis figur di Manado ketika akan masuk ke Pilkada. Akhirnya strategi yang diambil menarik figur partai lain diusung PDIP. Ambil contoh Pilkada Manado 2016 , PDIP menggaet Hanny Joost Pajouw, Anggota DPRD Sulut dari Partai Golkar.

Langkah ini berpeluang kembali berulang dengan mencuatnya nama Imba yang notabene Bekas Ketua DPD I Partai Golkar Sulut. Sulit dipungkiri ada kerinduan kader di akar rumput PDIP menginginkan PDIP mengusung kader sendiri, selayaknya di Pilgub, dan Pilkada lainnya di Sulut. PDIP punya momentum memenangi Pilkada Manado setelah menang gemilang di semua tingkatan pemilu 2019 di Kota Manado.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved