Plt Kepala BPIP: Hasil Riset, Banyak ASN Tak Suka Pancasila

Lucu kalau sebagai aparatur negara kemudian dia sendiri tidak setuju dengan Pancasila

Plt Kepala BPIP: Hasil Riset, Banyak ASN Tak Suka Pancasila
Pancasila 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dari hasil sejumlah riset ditemukan fakta bahwa banyak aparatur sipil negara (ASN) yang tidak suka dengan Pancasila.

Hal ini diungkap Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono.

Namun dia tak menyebut acuan secara detail riset tersebut. Hariyono mengatakan, kondisi ini menjadi aneh lantaran ASN yang sejatinya merupakan aparatur negara, justru tidak suka dengan dasar negaranya sendiri.

"Berdasarkan hasil riset beberapa lembaga itu kan temen-temen di ASN itu banyak yang tidak suka dengan Pancasila," kata Hariyono usai rapat koordinasi nasional Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

"Lucu kalau sebagai aparatur negara kemudian dia sendiri tidak setuju dengan Pancasila," lanjutnya.

Hariyono mengakui, pengarusutamaan Pancasila di lingkungan publik masih relatif kurang, termasuk di kalangan pemerintahan. Bahkan, berdasar hasil tes CPNS tahun lalu, hanya 20 persen peserta CPNS yang lulus tes wawasan kebangsaan.

"Berarti kan 80 persen pelamar CPNS itu nggak paham tentang, minimal paham pengtahuannya, apalagi perilaku," ujar Hariyono.

Menurut Hariyono, hal itu menjadi tantangan tersendiri. Seleksi CPNS dengan muatan tes wawasan kebangsaan, kata dia, perlu dipertahankan. Perlu dipikirkan pula untuk memasukan tes wawasan kebangsaan dalam proses seleksi jabatan eselon.

Secara umum, BPIP mendorong penanaman nilai-nilai Pancasila lewat pendidikan formal.

Hariyono menyebut, pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengajarkan nilai Pancasila sejak PAUD hingga perguruan tinggi.

"Kami juga kerja sama dengan Kemendikbud maupun Kemenristekdikti agar Pancasila mulai diajarkan sejak PAUD sampai dengan perguruan tinggi. Kebetulan di UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi Pancasila sudah menjadi mata kuliah wajib," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Plt Kepala BPIP Sebut Banyak ASN Tak Suka Pancasila", https://nasional.kompas.com/read/2019/10/16/12310071/plt-kepala-bpip-sebut-banyak-asn-tak-suka-pancasila

Editor: Charles Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved