News

Otoritas Jasa Keuangan Gandeng BI, Kementerian dan PUJK Dongkrak Inklusi Keuangan

Satu di antara kegiatan sinergi yang dilakukan adalah kembali menggelar Bulan Inklusi Keuangan (BIK) selama Bulan Oktober 2019.

Otoritas Jasa Keuangan Gandeng BI, Kementerian dan PUJK Dongkrak Inklusi Keuangan
KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA
Otoritas Jasa Keuangan. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membangun kerja sama dengan bersinergi bersama Bank Indonesia, kementerian/lembaga terkait serta Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) guna mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 75 persen di akhir 2019.

Satu di antara kegiatan sinergi yang dilakukan adalah kembali menggelar Bulan Inklusi Keuangan (BIK) selama Bulan Oktober 2019.

Kegiata ini telah berjalan di seluruh Indonesia dengan melibatkan Kantor Regional/Kantor OJK bekerja sama dengan kantor cabang PUJK dan stakeholder di daerah.

Adapun program yang dilaksanakan adalah kampanye dan sosialisasi terkait inklusi keuangan serta berbagai penjualan produk/jasa keuangan berinsentif seperti diskon, bonus, reward, cashback dan promo khusus di Bulan Oktober.

Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengatakan  BIK diharapkan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan serta mendorong akselerasi penambahan jumlah rekening maupun penggunaan produk dan layanan jasa keuangan.

"Dalam mendukung pencapaian target inklusi keuangan, kolaborasi aktif antara regulator dan PUJK sangat diperlukan," katanya, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, dalam melaksanakan tugasnya, OJK maupun BI juga akan mengedepankan sisi perlindungan konsumen yang penting untuk membangun dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap industri sektor keuangan.
Kegiatan

BIK diharapkan dapat mendukung pencapaian target inklusi keuangan sebesar 75 persen di akhir 2019 sesuai implementasi yang dilakukan dalam mendukung PerpresNomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

 PERINGATAN Dini BMKG Rabu 16 Oktober 2019, Wilayah Terdampak Gelombang, Hujan Lebat Disertai Petir

Selain itu, Pemerintah juga menetapkan target tingkat literasi keuangan sebesar 35 persen  di tahun 2019 yang tercantum di dalam Perpres Strategi Nasional Perlindungan Konsumen No. 50 Tahun 2017.

Halaman
12
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved