Jokowi Siapkan Kemeja dan Celana Model Slim Fit

Rusman (65) dipanggil ke Istana Bogor. Pemilik Feng Sin Tailor ini, diminta Presiden Joko Widodo menjahitkan batik, kemeja putih

Jokowi Siapkan Kemeja dan Celana Model Slim Fit
istimewa
Jokowi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rusman (65) dipanggil ke Istana Bogor. Pemilik Feng Sin Tailor ini, diminta Presiden Joko Widodo menjahitkan batik, kemeja putih, dan celana bahan hitam. Ada detail-detail permintaan khusus dari Jokowi, "Diminta dibuat agar lebih slim (ngepas di badan)," kata Rusman mengawali cerita kepada Tribun Selasa (15/10).

Suap Bupati Indramayu Pakai Kode ‘Mangga Manis’: KPK Ciduk 46 Kepala Daerah

Feng Sin Tailor berdiri sejak 1933. Rusman meneruskan jejak orang tuanya pada era 70an. Puluhan tahun Rusman menjahit beragam pakaian, untuk berbagai macam profesi.

Di era Presiden Soeharto, ia pernah menjahit untuk Fuad Hassan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 1985-1993. Juga Menteri Kesehatan era 1999-2001 Achmad Sujudi.

Tapi, Rusman tak pernah mengira, profesinya itu mempertemukannya dengan orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo. "Saya tak pernah mengira akan menjahitkan orang nomor satu di Indonesia," imbuh Rusman.

Saat ditemui Tribun, Rusman tengah duduk di atas kursinya di gerai Feng Sin Tailor di Jalan Gunung Sahari V Nomor 11-A, Kemayoran, Jakarta Pusat. Ia menggunakan kemeja biru muda sambil mengalungi alat ukur baju.

OJK Gandeng BI, Kementerian dan PUJK Dongkrak Inklusi Keuangan

Beberapa waktu lalu, Rusman diminta datang ke Istana Bogor. Ia mengukur badan Jokowi, untuk setelan jas, yang akan digunakan pada debat pemilihan presiden 2019 lalu. Sejak tujuh tahun lalu, menjadi penjahit Jokowi tak ada perubahan berat badan atau pun besaran ukuran untuk pakaian dan celana.

"Sama saja ya karena bisa dilihat dari incinya. Malahan lebih kecil. Kalau celana sama saja. Kalau kemeja lebih langsing. Kalau dulu kan bikin gombrong. Sekarang jadi kurang 1 cm, dari yang lama.

Postur tubuhnya sama, badannya tidak ada yang berubah. Memang langsing. Kalau sampai sekarang dari 2012 tidak ada perubahan ya. Dia 81-82, kalau lingkar celana 31 inci, tidak berubah dari 2012," ucap Rusman.

Pada pertemuan itu, Jokowi tak banyak bicara. Rusman pun ke Istana Bogor hanya untuk mengukur badan Jokowi. "Tidak banyak ngomong dia (Jokowi) he-he, kan' cuma jahit saja," tutur Rusman.

Setiap bulan, kata Rusman, pihak Istana memintanya untuk menjahitkan empat batik, empat kemeja putih, dan dua celana bahan. Sejak masa kampanye pemilihan presiden 2019, Jokowi meminta ukurannya tak lagi begi atau longgar.

Warga Berbondong Datangi Samsat, Petugas Sempat Kewalahan

Halaman
12
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved