Diserahkan Wapres Jusuf Kalla, Wali Kota GSVL Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Diserahkan Langsung Wapres Jusuf Kalla, Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.

Diserahkan Wapres Jusuf Kalla, Wali Kota GSVL Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik
Istimewa
Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 

Diserahkan Langsung Wapres Jusuf Kalla, Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Wakil Presiden (wapres) Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (15/10).

Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik
Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik (Istimewa)

Sesuai rilis yang diterima Tribunmanado.co.id, Wali Kota Manado menerima langsung penghargaan untuk inovasi PANADA Portal Analisis Data Berbasis Peta yang diserahkan langsung Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin di depan seluruh pimpinan instansi hadir.

Inovasi PANADA Portal Analisis Data Berbasis Peta masuk 45 inovasi terbaik pelayanan publik yang telah mengikuti Kompetesi Inovasi Pelayan Publik (KIPP) 2019.

Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik
Wali Kota Vicky Lumentut Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik (Istimewa)

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa menerangkan, Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 ini terdiri dari 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi.

"KIPP merupakan perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang digalakkan Kementerian PANRB. Kompetisi yang bisa diikuti oleh seluruh instansi pemerintah ini diselenggarakan sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi," ucapnya.

Ia menambahkan, hal tersebut bertujuan untuk pemberdayaan, pembelajaran, dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif, gagasan, dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Proses kompetisi ini dimulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id.

"Tahun ini terekam sebanyak 3.156 proposal yang mendaftar, dan menunjukkan peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.824 proposal. Dari hasil desk evaluation, diperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut mengatakan, setelah tahap Top 99, dilakukan evaluasi lapangan oleh tim evaluator dan tim panel independen.

Dari hasil penilaian lapangan, ditentukan 45 inovasi terbaik yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri PANRB No. 18/2019 tentang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

“Dan Inovasi PANADA Portal Analisis Data berbasis Peta Pemerintah Kota Manado Masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, dan memiliki peluang untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia yaitu The United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan PBB,” ujarnya.

Tak lupa, Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado, yang telah bekerja sama selama ini dalam melayani masyarakat, wakil wali kota, Sekretaris Daerah Kota Manado, para pejabat, ASN dan THL, lebih khusus lagi kepada Kepala Bapelitbangda Kota Manado yang menggagas dan mengawasal Inovasi PANADA.

"Kami hadirkan Inovasi PANADA untuk pelayanan publik supaya semakin efesien dan semakin efektif untuk memenuhi harapan masyarakat Kota Manado," ucapnya. (ana/rilis)

Tulis Era Kebangkitan Khilafah di Facebook, Seorang ASN Kemenkumham Dipecat

Ketua MPR Bantu Jawab ke Wartawan, saat Jokowi Ditanya soal Perppu KPK

Bagaimana Jadinya Kalau Fadli Zon Benar-benar Mendagri, Dulu kan Kritik Jokowi Melulu

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved