Anak Memiliki Kebiasaan Mengigit Kuku, Ketahui Penyebab

Mungkin kebiasaan anak mengigit kuku ini menjadi salah satu kekhawatiran Moms karena kuku merupakan sumber kuman dan kotoran.

Anak Memiliki Kebiasaan Mengigit Kuku, Ketahui Penyebab
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Moms anak-anak cenderung menggigit kuku karena berbagai alasan, seperti stres, gelisah, merasa nyamanan, atau bosan.

Nama lain untuk orang yang sering menggigit kukunya itu disebut onikofagia kronis, ini dianggap sebagai kebiasaan untuk menghilangkan stres yang paling umum terjadi.

Hal ini sering juga dilakukan Si Kecil untuk menghilangkan rasa gugupnya, seperti memainkan rambut atau menggemeretakan gigi.

Mungkin kebiasaan anak mengigit kuku ini menjadi salah satu kekhawatiran Moms karena kuku merupakan sumber kuman dan kotoran.

Belum lagi ketika anak bermain di luar memegang benda-benda yang kotor dan langsung memasukan kukunya ke dalam mulut tanpa dibersihkan.

Melandir dari momjunction.com berikut hal yang menyebabkan anak sering menggigit kuku, di antaranya:

1. Merasa nyaman

Secara refleks mungkin sejak anak usia balita memasukan jari ke mulutnya untuk mendapatkan perasaan nyaman.

Kebiasaan ini, kadang-kadang terbawa hingga anak tumbuh besar, inilah yang menyebabkan  balita dan anak di atas 5 tahun mungkin menggigit kukunya karena ia menemukan rasa nyaman melalui kebiasaan ini.

2. Merasa bosan

Halaman
1234
Editor: Rine Araro
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved