RSUD Amurang Komitmen Melayani Peserta JKN-KIS Tanpa Diskriminasi

Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) adalah mitra BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan

RSUD Amurang Komitmen Melayani Peserta JKN-KIS Tanpa Diskriminasi
istimewa
RSUD Amurang Komitmen Melayani Peserta JKN-KIS Tanpa Diskriminasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tondano - Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) adalah mitra BPJS Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan di tingkat rujukan pada era Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) termasuk di dalamnya Rumah Sakit dan Klinik Utama. 

Kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan rumah sakit tersebut dituangkan dalam perjanjian kerjasama. Setiap tahunnya, perjanjian kerja sama dengan rumah sakit sebagai provider BPJS Kesehatan diperbaharui.

Perjanjian kerja sama ini dibuat per tahun atau dua belas bulan dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan ketentuan - ketentuan peraturan perundang - undangan yang berlaku.

"Tahun ini, perjanjian kerja sama dengan fasilitas Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (FKRTL) disesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Dan dalam Peraturan Presiden tersebut diatur mengenai kadaluarsa klaim. Dengan berlakunya peraturan tersebut, pengajuan klaim pembiayaan pelayanan kesehatan oleh  rumah sakit kepada BPJS Kesehatan diberikan jangka waktu paling lambat 6 bulan sejak pelayanan kesehatan selesai diberikan. Ketentuan ini dikecualikan untuk pelayanan yang selesai diberikan sebelum peraturan presiden tersebut berlaku.” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tondano Diane Kaunang.

Diane melanjutkan bahwa Rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan harus memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku dan lolos seleksi berdasarkan hasil kredensialing bagi rumah sakit yang baru pertama kali bekerja sama atau rekredensialing bagi rumah sakit yang sudah bekerja sama dan akan memperpanjang kerja samanya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan seluruh peserta JKN-KIS menerima pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. 

“Rumah Sakit kami sudah lebih dari lima tahun bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan Rujukan bagi Peserta JKN-KIS di Kabupaten Minahasa Selatan dan sekitarnya. Kami bangga bisa menjadi Provider BPJS Kesehatan dan akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai regulasi pemerintah dan kebutuhan masyarakat” ujar Direktur RSUD Amurang Minahasa Selatan Erwin R. Schouten.

Menurut Erwin, RSUD Amurang Minahasa Selatan sangat terbantu dengan adanya Perjanjian Kerja sama dengan BPJS Kesehatan, walau memang banyak menemui tantangan mulai dari peserta yang tidak mau mengantri, jadwal dokter spesialis yang tidak ontime serta pengadaan dan pemesanan obat jenis tertentu yang mungkin masih lambat.

Dengan kuatnya koordinasi dengan BPJS Kesehatan serta komitmen dari seluruh jajaran Rumah Sakit, RSUD Amurang  mampu melaksanakan tanggung - jawab mulia dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam perjanjian kerja sama juga diatur mengenai pemenuhan komitmen pelayanan oleh rumah sakit.

Halaman
12
Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved