E-Klaim Permudah Proses Penagihan Klaim RS

Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menyatakan bahwa prinsip pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional

E-Klaim Permudah Proses Penagihan Klaim RS
istimewa
E-Klaim Permudah Proses Penagihan Klaim RS 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tomohon Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menyatakan bahwa prinsip pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional adalah kesetaraan (equity) dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan serta efektif dan efisien dalam operasionalisasinya.

Prinsip kendali mutu dan biaya harus diterapkan secara utuh di setiap tingkatan pelayanan mengingat adanya karakteristik pelayanan kesehatan yang berpotensi untuk menyebabkan terjadinya inefisiensi.

Salah satu upaya yang telah disepakati seluruh pemangku kepentingan untuk dijalankan oleh BPJS Kesehatan adalah melakukan penerapan model pembayaran prospektif.

Sebagai langkah koordinasi dan komunikasi efektif dengan fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan Kantor Kota Tomohon kerap melakukan supervisi.

Pada supervisi yang dilakukan, terdapat pemandangan berbeda di ruang administrasi Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon.  

Sebelumnya, pada ruangan tersebut terdapat berkas klaim dengan jumlah yang banyak dan sehingga ruangan terkesan kurang rapi dan bertumpuk.

Namun saat implementasi e-Klaim sudah jauh berbeda.

Adanya implementasi e-Klaim mewajibkan setiap rumah sakit memiliki mesin scanner yang ditempatkan di meja petugas pengklaiman untuk menunjang proses e-Klaim.

Sebagai fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam program JKN-KIS, Rumah Sakit Gunung Maria sangat mendukung pelaksanaan elektronik klaim karena dengan adanya system ini justru membuat rumah sakit akan lebih efisien dalam pembiayaan.

“Dulu dalam setiap pengajuan klaim kami harus menyiapkan biaya lebih untuk meng-copy semua berkas yang akan di ajukan klaimnya ke BPJS tapi sekarang hal tersebut sudah tidak diperlukan lagi.” Ujar Kepala Bagian Keuangan Rumah Sakit Gunung Maria Suster Ester saat ditemui.

Halaman
12
Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved