Aplikasi SIPP, Wujud Nyata Pelayanan Prima

BPJS Kesehatan Cabang Tondano mengadakan pertemuan dengan petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) dengan Fasilitas Kesehatan Rujuk

Aplikasi SIPP, Wujud Nyata Pelayanan Prima
istimewa
Aplikasi SIPP, Wujud Nyata Pelayanan Prima 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Tondano, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Tondano mengadakan pertemuan dengan petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) wilayah kerjanya. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi regulasi terbaru terkait pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS, sekaligus evaluasi implementasi pengelolaan informasi dan pengaduan di FKRTL.

Menggandeng Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk terus mengingatkan dan memperbarui informasi serta regulasi terkini kepada staf rumah sakit yang ditugaskan sebagai PIC PIPP serta memastikan terlaksananya implementasi pemberian informasi dan pengaduan rumah sakit berjalan dengan baik.

"Pelaksanaan layanan informasi dan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit dilakukan dengan konsep petugas rumah sakit sebagai ujung tombak yaitu lini terdepan dalam memberikan informasi dan penanganan pengaduan peserta, yang kemudian dapat berkoordinasi dengan petugas BPJS Kesehatan yakni staf PIPP JKN-KIS di rumah sakit," ungkap Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan, Diane Kaunang.

 “Untuk memastikan informasi dan penanganan pengaduan peserta telah diberikan dengan baik dan berkualitas maka setiap informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN-KIS diinput ke dalam aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) merupakan sebuah kanal dimana informasi yang disampaikan kepada peserta dan penanganan pengaduan yang dilakukan diintegrasikan dalam sebuah sistem sehingga terdokumentasikan dengan baik” lanjut Diane.

Di sisi lain, salah satu peserta pertemuan yang merupakan petugas PIPP RS, Vano Sumilat, menyambut baik dengan adanya PIPP tersebut. Menurutnya, dengan adanya PIPP, semua keluhan yang terjadi di lapangan dapat terdata dengan baik. Ia juga menyampaikan bahwa akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para peserta JKN-KIS tanpa diskriminasi.

“Dalam memberikan layanan kepada masyarakat, saat ini harus berorientasi pada upaya untuk memenuhi kepuasan dari peserta, dan kami siap mewujudkan hal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengelola pengaduan tersebut agar mampu menjawab kepuasan peserta JKN-KIS. Tentunya dibutuhkan standar pelayanan dalam pelaksanaan pelayanan pengaduan, dan kami siap menempatkan SDM yang berkompeten agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian informasi dan penanganan pengaduan tersebut,” ujar Vano.(ap/dk)

Editor: Enjelita Sandra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved