Info Sarapan Sehat

Sarapan Atau Makan di Pagi Hari Penting, Tapi Jangan Salah, Hindari Bubur dan Mie, Penjelasannya

Meski sarapan atau makan di pagi hari itu sangat baik bagi tubuh, kita tetap harus memperhatikan mana yang baik untuk kesehatan mana yang tidak.

Sarapan Atau Makan di Pagi Hari Penting, Tapi Jangan Salah, Hindari Bubur dan Mie, Penjelasannya
Kompas.com
Shutterstock/Ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski sarapan atau makan di pagi hari itu sangat baik bagi tubuh, kita tetap harus memperhatikan mana yang baik untuk kesehatan mana yang tidak.

Agar sarapan menjadi sehat, maka jangan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat maupun lemak dalam jumlah yang banyak.

Makan makanan yang berkarbohidrat memang ada kenikmatan namun tidak akan terserap oleh tubuh. Itu mengakibatkan akan cepat hilang dan merasa lapar kembali pada waktu yang tidak lama.

Dr Roy Panusunan Sibarani, Sp PD-KEMD FES seorang Internist-Endocrinologist dari Sahid Sahirman Memorial Hospital pada kegiatan beberapa bulan lalu mengatakan bahwa contoh sarapan yang direkomendasi dihindari yakni bubur.

"Contohnya jangan sarapan bubur atau bakmi karena karbohidratnya banyak sehingga menyebabkan mudah lapar lagi sebelum jadwal makan siang," kata Dr Roy Panusunan Sibarani, Sp PD-KEMD FES.

Idealnya, saat sarapan kebutuhan gizi mulai karbohidrat yang tidak terlalu dan protein dipenuhi. Tapi sebenarnya makan pagi memang tergantung karakter masing-masing orang.

"Kalau saya pribadi, sarapan cukup telur yang banyak proteinnya dan jus," katanya.

Intinya, sebut dia kalau mengonsumsi sarapan usahakan yang tidak bikin kembali cepat lapar. Jadi karbohidrat dan protein jadi prioritas," katanya.

Ia menegaskan jangan pernah melewatkan makan pagi. Jika tidak sarapan, malamnya akan mengonsumsi makanan jumlah luar biasa sehingga berpotensi obesitas. (Eko Sutriyanto)

Buah-Buah Yang Membuat Sarapan Menjadi Sehat

Halaman
1234
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved