News

Pemkot Tomohon Adakan Rakorev Penyaluran DAK Fisik 2019, Ini Tahap Penyaluranya

Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengadakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun Anggaran 2019

Pemkot Tomohon Adakan Rakorev Penyaluran DAK Fisik 2019, Ini Tahap Penyaluranya
Istimewa
Pemkot Tomohon Adakan Rakorev Penyaluran DAK Fisik 2019, Ini Tahap Penyaluranya 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengadakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun Anggaran 2019 di Ruang Rapat Lantau 3 Setda Kota Tomohon, Kamis (10/10/2019).

Hadiri dalam rapat tersebut Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Djoike Karouw, MSi, Kepala KPPN Wayan Junewa, Kasie PPA IIB Kanwil Dirjen Perbendaharaan Prov. Sulut, serta para Kepala Dinas.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi dalam laporannya mengatakan dalam rangka percepatan panyaluran DAK Fisik Tahap I TA. 2019, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 121/PMK.07/2018 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa, Penyaluran DAK Fisik dilakukan perjenis dan per bidang secara bertahap.

Tahap I paling cepat bulan Februari dan paling lambat bulan Juli sebesar 25 persen dari pagu alokasi.

"Tahap II paling cepat bulan April dan paling lambat bulan Oktober sebesar 45 persen dari pagu alokasi. Tahap III paling cepat bulan September dan paling lambat bulan Desember sebesar selisih antara jumlah dana yang telah disalurkan sampai dengan tahap II dengan nilai rencana kebutuhan dana untuk penyelesaian kegiatan," katanya

Ia mengatakan dokumen Persyaratan Penyaluran DAK Fisik Tahap II disampaikan pada Kementerian Keuangan RI paling lambat tanggal 21 Oktober 2019 berupa Laporan realisasi penyerapan dana minimal 75 persen dari dana yang diterima di RKUD, laporan Capaian Output Kegiatan per jenis per bidang, Rekapitulasi SP2D dan Laporan Hasil Review APIP.

Setiap SKPD penerima DAK memasukkan dokumen persyaratan tersebut yang sudah diinput diaplikasi OMSPAN paling lambat tanggal 14 Oktober 2019 di BPKPD Kota Tomohon untuk dilakukan verifikasi.

Dalam hal pemenuhan persyaratan Pencairan DAK Fisik tahap II belum diterima oleh Kementerian Keuangan sampai dengan batas waktu maka penyaluran Dana DAK Fisik tersebut tidak dapat dilakukan.

"Rekapitulasi DAK FisikTahun 2019 per jenis dan per bidang terlampir," katanya.

Berita Populer

Baca: Kisah Cinta Pelaku Penyerangan Terhadap Wiranto, Dekat dengan Dunia Narkoba hingga Pernah Dipenjara

Baca: Begini Kondisi Rumah Pelaku Penikaman Terhadap Menkopolhukam Wiranto

Baca: Perbedaan Menopause Pria dan Wanita, Tanda-tandanya bagi Laki-laki

Baca: Pengadaan CPNS 2019 Akan Segera Diumumkan, Bagi Pelamar Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini

Baca: TNI Evaluasi Pengamanan Jokowi Setelah Wiranto Ditikam, Rakyat Masih Boleh Bersalaman?

Baca: Masa Lalu Abu Rara Pelaku Penusukan Menkopolhukam, Pernah Dipenjara, Istri Pertama Frustasi

SUMBER: KOMPAS.com (Tresno Setiadi, Deti Mega Purnamasari)

Penulis: Reporter Online
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved