News

DPRD Bakal Hearing EO dan Panitia FPSL 2019, Terkait Masalah Anak-Anak Batal Menari Maengket

Lewat hearing nanti, untuk melurkan tudingan publik bahwa dinas Pendidikan Kota Bitung lah yang bertanggung jawab atas tidak tampilnya anak-anak itu.

DPRD Bakal Hearing EO dan Panitia FPSL 2019, Terkait Masalah Anak-Anak Batal Menari Maengket
christian wayongkere/tribun manado
DPRD Bakal Hearing EO dan Panitia FPSL 2019, Terkait Masalah Anak-Anak Batal Menari Maengket 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Permasalahan anak-anak SD dan SMP di kota Bitung yang batal tampil membawakan tarian Maengket, pada pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) tahun 2019 di Lapangan Satrol Lantamal VIII Bitung bakal berujung hingga di DPRD Kota Bitung, Kamis (10/10/2019).

DPRD Kota Bitung melalui lintas Komisi 1, 2 dan 3 serta pimpinan bakal menjadwalkan memanggil pihak terkait dalam gelaran FPSL 2019 untuk mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing.

“Masalah ini kami ikuti dan cermati paska gempar di sosial media (medsos) sejak Senin (7/10) kemarin. Untuk itulah kami berencana akan memanggil hearing panitia pelaksana, Event orgenazer (EO) dan instansi atau dinas terkait,” jelas Habrianto Achmad.

Tak hanya itu, ternyata personil Komisi 1 DPRD Kota Bitung ini mengalami nasib yang sama dengan orang tua siswa SD dan SMP yang anak-anaknya batal tampil ikut Tarian Kolosal, dimana seorang anaknya sudah sangat siap dari segi persiapan kontum dan lainnya namun tidak bisa tampil.

Rencana hearing yang bakal dilakukan DPRD Bitung melihat begitu banyaknya keluhan orang tua murid di sosmed dan terus bergulir hingga saat ini, dengan maksud evaluasi dan merupakan bagian dari kinerja sebagai wakil rakyat melihat dan mencari solusi serta jalan keluar dari persoalan yang melanda masyarakat Kota Bitung.

“Kalau keberhasil itu satu kebanggaan kita bersama, tetapi kalau ada kekurangan wajib untuk kita luruskan. Apalagi event akbar ini menggunakan anggaran pendapatan dan belanja (APBD) yang tidak sedikit jumlahnya,” tandasnya.

Senada dengan DPRD Bitung Samsi Hima pemerhati politik dan pemerintahan di Kota Bitung, sependapat dengan rencana hearing kepada EO, panitia maupun dinas terkait yang melakanakan FPSL 2019.

Kata Samsi itu merupakan dan sudah menjadi tugas DPRD dan pihak yang akan ikut dalam hearing ini agar bersifat kooperatif dengan memenuhi panggilan atau undangan tersebut. “Ya, sebagai tokoh masyarakat di Bitung saya juga ikut melihat dan mengikuti kehoboan yang viral di sosmed tentang banyak orang tua murid mengeluh dan menyesalkan anak mereka tidak tampai di acara pembukaan FPSL untuk membawakan tarian kolosal Maengket,” jelas Hima.

Julius Ondang Kepada Dinas pendidikan Kota Bitung juga mendukung upaya DPRD melakukan Hearing atas peristiwa yang menyeret para anak didiknya dalam pusaran kekecewaan pelaksanaan FPSL 2019. “Saya dukung. Supaya nantinya semua terbuka dalam hearing itu,” kata Ondang.

Diapun sempat kesal dengan kondisi tersebut, dimana sebagai pejabat di bidang pendidikan melihat bagaimana antusiasi dan semangat anak-anak untuk tampil dalam tarian kolosal namun tidak terjadi.

Lewat hearing nanti, untuk melurkan tudingan publik bahwa dinas Pendidikan Kota Bitung lah yang bertanggung jawab atas tidak tampilnya anak-anak itu.

“Ini keliru dan salah besar. Kami juga sangat kecewa dengan kondisi itu, kami sudah mendampingi anak-anak selama latihan tapi di hari H semuanya batal. Ini bukan kewenangan kami, melainkan EO sebagai pelaksana,” kata dia. (crz)

Berita Populer

Baca: Kisah Cinta Pelaku Penyerangan Terhadap Wiranto, Dekat dengan Dunia Narkoba hingga Pernah Dipenjara

Baca: Begini Kondisi Rumah Pelaku Penikaman Terhadap Menkopolhukam Wiranto

Baca: Perbedaan Menopause Pria dan Wanita, Tanda-tandanya bagi Laki-laki

Baca: Pengadaan CPNS 2019 Akan Segera Diumumkan, Bagi Pelamar Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini

Baca: TNI Evaluasi Pengamanan Jokowi Setelah Wiranto Ditikam, Rakyat Masih Boleh Bersalaman?

Baca: Masa Lalu Abu Rara Pelaku Penusukan Menkopolhukam, Pernah Dipenjara, Istri Pertama Frustasi

SUMBER: KOMPAS.com (Tresno Setiadi, Deti Mega Purnamasari)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved