News

OD-SK Fasilitasi Pengungsi Wamena Pulang ke Sulut, Onibala: Pak Olly Minta Khusus ke Panglima TNI

Meiki M Onibala, Kepala Kesbangpol Sulut mengatakan, kepulangan waega dari Wamena difasilitasi dan dibiayai ful oleh Pemprov Sulut.

OD-SK Fasilitasi Pengungsi Wamena Pulang ke Sulut, Onibala: Pak Olly Minta Khusus ke Panglima TNI
Siti Nurjanah/tribun manado
Kepala Kesbangpol, Meiki M Onibala (kanan), Kepala BPBD, Joi Oroh (tengah) mengecek langsung keberangkatan pengungsi Wamena ke daerah tujuan. Pengungsi Wamena saat tiba di Bandara Sam Ratukangi menuju pintu masuk kedatangan VVIP Pemda Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Berjumlah 42 pengungsi dari Wamena tiba di Sulawesi Utara (Sulut) melalui udara dengan menggunakan pesawat angkut Hercules C130 milik TNI Angakatan Udara (AU), Kamis (10/10/2019).

Mereka terdiri dari pegawai swasta dan negeri.

Tak hanya itu, di antara mereka pun terlihat anak-anak hingga balita.

Sesampainya di Bandara Sam Ratulangi melalui pintu kedatangan VVIP Pemda Sulut, mereka disambut oleh Kepala Kesbangpol, Kepala BPBD Sulut, Staf Dinsos Sulut, staf Dinkes Sulut, tim kesehatan, TNI AU hingga pihak kepolisian.

Sebelum memasuki ruangan VVIP Pemda, ke 42 pengungsi didata dan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh bagian karantina dan tim medis yang sudah disediakan oleh pihak Pemprov Sulut.

Meiki M Onibala, Kepala Kesbangpol Sulut mengatakan, kepulangan waega dari Wamena difasilitasi dan dibiayai ful oleh Pemprov Sulut.

"Jadi ini memang arahan dari OD-SK, mereka yang bertanggung jawab atas kepupangan warga Wamena, mulai dadi fasilitas, uang saku, makan hingga kepulangan sampai di tempat tujuan keluarga mereka pun yang tanggung Pemprov Sulut," ucapnya.

Lanjutnya, pengungsi yang seharusnya sekira 148 orang yang tiba baru 42 orang melalui jalur udara.

"Jadi yang tiba hari ini baru 42 orang naik hercules C 130, sisanya kurang lebih seratusan lah kepastiannya itu nanti pas tiba ya, itu akan datang hari Sabtu melalui jalur laut dan udara, mereka naik kapal dan ada juga nanti naik hercules juga, yang naik kapal itu bawa barang banyak," bebernya.

Lanjutnya, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang meminta langsung kepada Panglima TNI untuk memfasilitasin pengungsi Wamena.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved