Unsrit Tomohon Terima PKMS dari Kemenristekdikti, Berdayakan Pengusaha Es Batu di Tondano

Tim tersebut terdiri dari dua dosen Fakultas Teknik, yang diketuai Nindy Gaby Sepang, S.Pd., M.Pd dan anggota tim Fransisca Joanet Pontoh, ST., MT

Unsrit Tomohon Terima PKMS dari Kemenristekdikti, Berdayakan Pengusaha Es Batu di Tondano
Istimewa
Pendampingan produksi mitra Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Universitas Sariputra Indonesia Tomohon 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Sariputra Indonesia Tomohon menerima Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

PKMS merupakan salah satu skema pengabdian kepada masyarakat kategori kompetitif nasional yang ditawarkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dosen tetap perguruan tinggi negeri dan swasta pada pengabdian kepada masyarakat.

Tim tersebut terdiri dari dua dosen Fakultas Teknik, yang diketuai Nindy Gaby Sepang, S.Pd., M.Pd dan anggota tim Fransisca Joanet Pontoh, ST., MT.

Ketua tim PKMS Nindy Gaby Sepang mengatakan, pengusaha es batu saat ini masih diidentikkan dengan pengusaha yang biasa saja dengan penghasilan yang pas-pasan.

Label tersebut masih bertahan sampai saat ini di Kelurahan Rinegetan kawasan Pasar Tradisional Tondano.

Sehingga dibutuhkan sebuah terobosan baru untuk melepaskan pengusaha es batu di Kelurahan Rinegetan kawasan Pasar Tradisional Tondano dari ekonomi pas-pasan.

Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat adalah wilayah kawasan pasar tradisional yang ada di Kabupaten Minahasa yaitu Kota Tondano.

Potensi usaha es batu ini sangat besar namun sampai saat ini belum dikelola dengan baik oleh warga yang ada di kawasan pasar tradisional.

Mitra tidak memiliki peralatan penunjang untuk hasil produksi es batu yang lebih banyak.

Nindy menjelaskan, tujuan kegiatan PKMS ini adalah pertama, pemberdayaan pengusaha es batu yang memiliki potensi besar dan tempat yang strategis.

Halaman
123
Penulis: Finneke Wolajan
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved