Sulut United Buka Peluang ke Liga 1

Dua gol Busari membuka peluang Sulut United lolos ke Divisi 1 Liga Indonesia musim 2019-2020. Aksel Runtukahu dkk mempercundangi Persik

Sulut United Buka Peluang ke Liga 1
istimewa
Gelandang Sulut United Doly Gultom duel dengan pemain Persik Kediri pada laga lanjutan Liga 2 Indonesia Wilayah Timur di Stadion Brawijaya Kediri, Selasa (8/10/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Dua gol Busari membuka peluang Sulut United lolos ke Divisi 1 Liga Indonesia musim 2019-2020. Aksel Runtukahu dkk mempercundangi Persik Kediri dengan skor 2-1 di Stadion Brawijaya, Kediri, Selasa (8/10/2019).

Baca: Wawan Cuci Uang Setengah Triliun: Asetnya Bertebaran dari Jakarta hingga Australia

Tim kebanggaan warga Bumi Nyiur Melambai berhasil naik ke posisi 5 dengan 26 poin. Kemenangan atas Persik membuka peluang Sulut United promosi ke Liga 1. Hitung-hitungan di atas kertas, Sulut United masih bisa menggeser Persewar Waropen di peringkat ketiga Liga 2 Grup Timur. Martapura FC di peringkat keempat–jatah terakhir ke delapan besar–pun berpeluang digusur Sulut United.

Persewar dan Martapura FC sama-sama mengumpulkan poin 28. Hanya saja, tim asal Waropen masih menyimpan satu laga lebih baik dari Sulut United dan Martapura FC.

Berada di peringkat empat jadi target paling memungkinkan bagi Sulut United. Asalkan, di laga terakhir, Martapura FC gagal menang dan Sulut United meraih poin maksimal.

Baca: Pelantikan Jokowi-Kiai Maruf Diundur: Hormati Umat Kristiani

Jalan laga kemarin, tim besutan Ricky Nelson sukses menyapu bersih poin di dua laga tur Yogyakarta dan Jatim. Setelah menaklukkan PSIM Yogyakarta dengan skor 2-0, Eksel Runtukahu cs membungkam pemuncak klasemen Persik Kediri dengan skor 1-2 di kandangnya, Stadion Brawijaya, Kediri, Selasa.

Dua gol kemenangan Sulut United disarangkan gelandang, Busari pada menit 19' dan 52'. Pelatih Sulut United, Ricky Nelson tak bisa menyembunyikan kegembiraannya usai laga. "Syukur pada Tuhan kita bisa menuntaskan misi meraih poin. Ternyata kita bisa meraih poin sempurna. Bahkan di dua laga sekaligus," kata Nelson usai laga, Selasa petang.

Ia membeber rahasia sukses membungkam Persik Kediri. Pertama, kemampuan bermain disiplin di babak kedua. "Gol Busari di babak pertama jadi penentu. Kemudian di babak kedua kita bisa main fokus dan bermain sangat disiplin di babak kedua," katanya.

Baca: Bupati Lampung Utara Ditahan di Rutan Guntur

Kemudian, seperti yang dikatakannya sebelum laga, Nelson menginstruksikan anak asuhnya mematikan serangan sayap Persik.

Ia mempelajari, Persik selalu main dari pinggir. Sulut United mendesak tuan rumah bermain lebih sering ke tengah. "Nah, kita main di tengah, dia tak punya kombinasi permainan dan kesulitan. Itu yang kita mau," jelasnya.

Kemudian, Nelson menginstruksikan mematikan gelandang Faris Aditama yang jadi sentral permainan Persik. "Faris itu kekuatannya di kaki kiri, makanya saya instruksikan jangan beri dia ruang di kiri. Ternyata bisa dan efektif," katanya. (ndo)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved