Berita Manado

Rakor Pembangunan Kemitraan Pariwisata, Vicky Lumentut Sentil Toilet hingga Budaya Melayani

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan tantangan Kota Manado yang sektor pariwisatanya tengah bergeliat tak sedikit

Rakor Pembangunan Kemitraan Pariwisata, Vicky Lumentut Sentil Toilet hingga Budaya Melayani
Tribun Manado / Fernando Lumowa
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut memjadi pembicara dalam Rakor Pembangunan Kemitraan Pariwisata Pemkot Manado di Sintesa Peninsula Manado, Rabu (09/10/2019). 

Rakor Pembangunan Kemitraan Pariwisata, Vicky Lumentut Sentil Toilet hingga Budaya Melayani

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan tantangan Kota Manado yang sektor pariwisatanya tengah bergeliat tak sedikit.

Ia mengatakan, Manado baru saja ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas di Indonesia bersama Minut dan Kota Bitung.

Lumentut pun 'curhat' tantangan betapa beratnya perjuangan memajukan pariwisata di Manado. Ia menyentil soal kecil namun berpengaruh.

Mulai dari minimnya tolet umum terstandar di area publik. Lumentut bilang, ia sendiri menerima komplain dari tamu dari luar daerah.

"Ini sudah kami koordinasikan. Ke depan, jika ada Manado Fiesta atau event promosi pariwisata, toilet itu harus dibenahi," ujarnya.

POPULER

> Ketua Fraksi NasDem Ngamuk dan Banting Meja setelah Rapat Pembentukan AKD

> Ahok Gusur Kampung Akuarium, Kini Malah Akan Dibangun Rumah Lapis oleh Anies

> Penderita Hipertensi dan Diabetes Jangan Tidur Kurang dari 6 Jam, Akibatnya Fatal

Pernah juga, kata Lumentut, ia pernah mendapat keluhan langsung dari wisatawan. Sebuah restoran di pusat kota, toiletnya kotor. "Saya langsung bilang, mohon maaf, silahkan balik saja ke hotel," katanya.

Hal lainnya, kata wali kota, perlunya membangun budaya melayani di kalangan pelaku usaha pariwisata. Di segala lini pelayanan, mulai dari 'top management' hingga level terbawah.

Wali kota menyebut contoh. Sempat terjadi, wisatawan di sebuah restoran memesan menu. Hampir berselang sejam kemudian, pelayan restoran kembali memberi tahu bahwa menu yang dipesan belum bisa tersedia.

Halaman
123
Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved